Setelah Tidak Disambut Pejabat AS, Gilirannya Jokowi Semringah Diterima Presiden Joe Biden, Netizen: Roy Suryo Mau Twit Apa Lagi
Sabtu, 14 Mei 2022 09:21 WIB
Share
Presiden Jokowi saat berfoto tepat di samping Presiden Joe Biden saat bersama para pemimpin negara-negara ASEAN. (foto: twitter/Jokowi Widodo @jokowi )

Saat berdoto bersama secara berjajar, Presiden Jokowi tepat di sisi kanan Presiden Joe Biden.Sedang di sisi kiri Presiden AS adalah Pemimpin Brunei Darussalam, Raja Hasanal Bolkiah.

Satu foto lainnya dalam sesi itu, Presiden Biden tampak tertawa semringah dengan tangan di bagian belakang Presiden Jokowi yang juga tertawa lepas.

Sementara itu, dalam penjelasan unggahan foto-foto itu, Presiden Jokowi mengatakan, suasana saat diterima Presiden Biden dan suasana dalam acara bersama jamuan para pimpinan negara-negara ASEAN.

"Disambut Presiden Joe Biden di halaman Gedung Putih, lalu kami berfoto bersama menghadap ke arah Monumen Nasional. Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-AS adalah status kemitraan tertinggi, yang penting di tengah situasi dunia yang penuh ketidakpastian saat ini," tulis Jokowi.

"Karena itulah, saya mengajak AS untuk terus menjadi mitra strategis yang saling menguntungkan dengan ASEAN, kawasan yang sudah lebih 5 dekade menikmati perdamaian dan stabilitas," tambahnya.

Sebelumnya Jokowi menmberikan gambaran tentang acara jamuan santap malam untuk parapimpinan negara-negara ASEAN oleh Presiden Biden. 

"Menghadiri jamuan santap malam pemimpin negara ASEAN dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih, Kamis malam waktu setempat. Sembari membalas toast Presiden Biden, saya menyampaikan bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat memperkuat kemitraan ASEAN-AS," kata Jokowi.

Yang menarik, Presiden Jokowi menyinggung perang di Ukraina, tanpa menyebut Rusia. Dalam teks ini, Jokowi menjelaskan, prang di Ukraina berdampak global terutama terkait ekonomi dunia.

"Saya menyinggung perang di Ukraina yang berdampak pada ekonomi dunia, memicu kenaikan harga pangan, energi, dan inflasi," tulis Jokowi.. 

 

Halaman
1 2 3 4 5