Ingin Hidup Berkah? Nah Ini Dia 5 Ayat Al-Qur’an yang Wajib Pelajari dan Pahami
Selasa, 15 Maret 2022 16:49 WIB
Share
Al-Qur'an. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Al-Qur’an tidak hanya sekedar kitab suci, tetapi juga merupakan pedoman hidup bagi umat Islam.

Al-Qur’an berisikan ajaran agama serta hukum-hukum Islam yang
mengatur setiap aspek kehidupan manusia untuk bekal hidup di dunia dan akhirat.

Setiap kalimat di dalamnya adalah kalam Allah SWT yang memerintahkan umat manusia agar senantiasa berada di jalan kebaikan dan kebenaran.

Pertama kali turun ke bumi pada tanggal 17 Ramadhan, Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril dan menjadi cahaya yang menerangi gelapnya dunia.

Para ulama sepakat jika Al-Qur’an adalah yang utama dan selanjutnya dilengkapi dengan hadist dalam membimbing langkah umat muslim di dunia.

Oleh karena itu, aturan dalam Al-Qur’an dan hadist wajib diikuti dan tidak boleh dilanggar agar selamat didunia dan akhirat.

NU online melansir bahwa barangsiapa yang membaca Al-Qur’an akan
mendapatkan pahala yang besar karena membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang paling utama diantara ibadah-ibadah lainnya.

Sebagaimana pernah diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Alquran.” (HR Baihaqi).

Meski demikian, sebagai umat muslim sebaiknya ayat suci Al-Qur’an tak hanya sekedar dibaca, melainkan juga dapat dipahami arti dan maknanya.

Untuk itu, sebaiknya kita mempelajari tafsir Al-Qur’an agar dapat mengamalkan isi dan ajaran agama Islam dengan lebih baik.

Halaman
1 2 3 4