Pertemuan Rusia dan Ukraina di Turki Tidak Ada Hasil, Zelensky: Negara Macam Apa Ini!

Kamis, 10 Maret 2022 19:33 WIB

Share
Potret perang Rusia Ukraina yang telah memasuki minggu ketiga per hari ini. (Foto: Twitter/Ukraine)
Potret perang Rusia Ukraina yang telah memasuki minggu ketiga per hari ini. (Foto: Twitter/Ukraine)

UKRAINA, POSKOTA.CO.ID – Perang Rusia Ukraina mulai memasuki minggu ketiga pada Kamis (10/3/2022) belum menunjukan tanda perdamaian.

Pertemuan antara Rusia dan Ukraina di Turki tidak ada hasil titik terang. Adapun pertemuan ini dihadiri Menteri Luar Negeri dari Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengutuk serangan Rusia ke kota Mariupol di hari yang sama dengan pertemuan tersebut. Zelensky sebut tindakan Rusia sebagai bentuk genosida.

 

Dilansir dari Reuters, pertemuan Rusia dan Ukraina di Turki adalah kontak tingkat tertinggi antara kedua negara sejak perang dimulai pada 24 Februari. Tetapi dalam konferensi pers memperjelas bahwa mereka tidak membuat kemajuan.

Kuleba dari Ukraina mengatakan dia tidak mendapatkan janji dari Sergei Lavrov. untuk menghentikan penembakan sehingga bantuan dapat menjangkau warga sipil.

Kuleba juga mengatakan ini termasuk prioritas kemanusiaan utama Kiev dan mengevakuasi ratusan ribu orang yang terperangkap di pelabuhan Mariupol yang terkepung.

Sementara Lavrov tidak menunjukkan tanda-tanda membuat konsesi. Dia mengulangi tuntutan Rusia agar Ukraina dilucuti senjata dan menerima status netral.

Lavrov mengatakan Ukraina tampaknya menginginkan pertemuan demi pertemuan, dan menyalahkan Barat karena mengintensifkan konflik dengan mempersenjatai tetangganya.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar