ADVERTISEMENT

Pekan Olahraga Nasional 

Sabtu, 2 Oktober 2021 07:00 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Karena itulah belajar dari berbagai lontaran energi negatif yang masih saja sering terjadi dalam dunia politik, pembelajaran dari dunia olah raga menjadi penting. Dunia politik bisa mengambil spirit yang terkandung dalam olah raga. Dalam kehidupan dunia politik, praktek yang terjadi, masih sering diwarnai berbagai bentuk pencitraan daripada mengejar prestasi. 

Demikian halnya dengan praktek memecah belah bangsa, membangun rasa curiga, dan kesemuanya  dengan narasi lama yang terus saja menakut-nakuti rakyat Indonesia. Demikian halnya praktek menghalalkan banyak cara. Dunia politik penting untuk memahami budaya berprestasi dalam olah raga.

Dunia politik harus membangun budaya berprestasi. Budaya politik harus memahami pentingnya taat pada aturan main. Dunia politik, harus menghormati peran wasit, agar seluruh kontestasi politik, menampilkan ciri-ciri persaingan untuk mendapatkan kekuasaan politik yang penuh  dengan nilai-nilai kejujuran, fairness, patuh pada rules of the game, dan memahami pentingnya suatu proses di dalam mencapai tujuan. Pendeknya, dunia politik harus meningkatkan harkat martabatnya bagi peningkatan peradaban manusia Indonesia dan dunia. 

Dengan berbagai nilai positif dalam dunia olah raga tersebut, maka PON XX di Papua menjadi momentum kebangkitan banyak hal: bangkit dari pandemi; bangkit dari kelesuan ekonomi akibat pandemi; dan bangkit dalam semangat persaudaraan melalui olah raga.

Jadi daripada menanggapi energi masa lalu yang mencoba membangun rasa saling curiga, lebih baik ikut-ikutan olah raga. Berolahragalah, maka pikiran dan jiwa menjadi sehat. Kita gelorakan semanangat olah raga dari Papua. Merdeka!!!

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -
Berita Terkait

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT