Plonga-Plongo Tunggu Pembeli, 2 Pengedar Tembakau Gorila Diringkus Tim Rajawali
Jumat, 25 Desember 2020 16:06 WIB
Share
Pemuda yang diamankan tim SGC Rajawali Polres Jakarta Timur. (ist)

JATINEGARA, POSKOTA.CO.ID - Tim Satuan Gerak Cepat (SGC) Rajawali Polres Jakarta Timur meringkus dua bandar tembakau sintetis atau tembakau gorila. Keduanya diamankan di Jalan Otista Raya, Jatinegara, dengan barang bukti setengah kilogram tembakau gorila siap jual.

Anggota Tim SGC Rajawali Polres Jakarta Timur, Briptu Setio Hudoyo mengatakan, kedua pelaku diamankan pada Rabu (23/12/2020) malam. Saat itu keduanya telihat seperti orang bingung alias plonga-plongo menunggu pembeli yang akan datang.

"Jadi saat kami melintas, keduanya memperlihatkan gelagat yang mencurigakan," katanya, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Bawa Tembakau Gorilla, Dua Pelajar SMA di Depok Disergap Petugas

Melihat hal itu, kata Setio, tim langsung menghampiri kedua pelaku yang awalnya mengaku sedang menunggu teman. Petugas pun menggeledah keduanya dan akhirnya ditemukan dua plastik klip kecil berisi tembakau gorilla siap edar disembunyikan dalam saku celana.

"Sementara setengah kilogram lainnya ditemukan di bagasi motor," ujarnya.

Selain menemukan tembakau gorila, sambung Setio, pihaknya juga menemukan timbangan digital. Bahkan, plastik klip yang akan digunakan untuk membuat paketan tembakau gorila juga didapatkan petugas. "Sebuah handphone bukti percakapan transaksi juga ikut kami sita," tuturnya.

Baca juga: Waspada Susu, Kopi dan Dodol Dioplos Ganja, 1 Pengedar Diringkus di Cipete

Setio menuturkan kedua pelaku berikut barang bukti tembakau gorilla dan sepeda motor kini sudah diamankan di polrest Jakarta Timur. Kedua masih menjalani pemeriksaan unit narkoba.

"Untuk pengembangan kasus terkait dari mana mereka mendapat barang dan dijual kemana akan dilanjutkan unit narkoba," tuturnya. (ifand/ys)