ADVERTISEMENT

Tau Nggak, Pembeli itu Raja!

Senin, 21 September 2020 09:45 WIB

Share
Tau Nggak, Pembeli itu Raja!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

APAKAH  anda punya pelanggan? Pertanyaannya tentu saja ditujukan kepada mereka yang  punya usaha. Usaha apa saja, jualan  sayuran, sembako dsb. Jual  jasa, sopir, pengojek yang online atau ojek pangkalan atau opang dan banyak lagi usaha yang tentu saja saling menguntungkan.

Orang disebut pelanggan tentu saja mereka yang biasa berulang membeli barang di satu pedagang, beli atau pun mengutang. Pokoknya, kalau mau beli  sayuran ya, di penjual sayur yang sama. Beli pakaian,kosmetik, merawat wajah dan tunbuh juga di salon yang sama. “ Itu salon langganan saya, asyik dan nyamah baik pelayannya,” kata seorang ibu.

Kalau pelanggan sudah bicara begitu, maka itu pastinya ramai dan banyak punya pelanggan. Bagi, pembeli atau pelanggan,memang akan mencari yang murah harga, tapi juga pelayanan yang sangat penting.

Sebagai  pemilik atau pelayan toko, layanilah pembeli atau pelanggan dengan  serius dan ramah tentu saja. Misalnya jangan lupa senyum, dan menyapa dengan bahasa yang baik menyejukan, ”Ibu kemana aja, kayaknya udah lama nggak kemari, ya. Waduh bunda makin cantik aja. Ayo saya rawat dulu, mau bikin apa itu wajah biar putih dan awet muda? “ begitu kira-kira pemilik atau kapster salon pada sang pelanggan.

Kalau penuh, misalnya, minta maaf supaya ibu tunggu sebentar. Dan jangan lupa kasih minuman. Teh, kopi atau minuman dingin air mineral? Boleh sambil kerja, pelanggan diajak ngobrol, apa saja.

Janganlah pelanggan diabaikan saja, dengan penerimaan seadanya. Atau sama sekali nggak dapat pelayanan awal yang baik. Dipandang sebelah mata. Wah, ini ibu punya duit kagak ya, pakai ke salon segala. Hm, buat belanja ada nggak?

Pernah kan Anda sebagai pembeli diacuhkan, begitu? Malah si pelayan asyik  main HP?  Ah, keterlaluan, dan nggak salah kalau konsumen langsung balik badan, nggak jadi beli? He, gue ini pembeli. Pembeli itu raja, tau! (massoes)

 

ADVERTISEMENT

Reporter: Guruh Nara Persada
Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT