Ilustrasi mengukur efektivitas iklan di WhatsApp Bisnis. (Freepik)

TEKNO

5 Tips Mengukur Efektivitas Iklan di WhatsApp Bisnis

Senin 09 Des 2024, 16:59 WIB

POSKOTA.CO.ID - WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi perpesanan yang digunakan untuk seseorang yang bergelut di bidang usaha.

Menggunakan aplikasi WhatsApp Bisnis, penggunanya dapat langsung berinteraksi dengan pelanggan secara online. Selain itu, fitur-fitur yang tersedia pun membantu untuk mengembangkan usaha.

Satu di antara fitur yang tersedia adalah membuat iklan untuk sebuah promosi dan juga berfungsi untuk meningkatkan kesadaran banyak orang pada merek milik Anda.

Dari kampanye iklan tersebut, peluang untuk mendapat konversi tinggi atau jangkauan target market baru bisa didapatkan oleh pemilik bisnis.

Hal tersebut dapat terukur, karena WhatsApp memiliki sistemnya. Namun bagaimana cara mengukur hasil kampanye iklan yang dibuat efektif atau tidak? Berikut ini tipsnya.

5 Tips Mengukur Efektivitas Iklan WhatsApp Bisnis

Pantau Wawasan percakapan di WhatsApp Manager

Pertama, setiap pengguna WhatsApp Bisnis dapat mengakses wawasan dasar tentang aktivitas perpesanan perusahaan yang dimiliki Anda.

Anda hanya perlu mendaftar ke Meta Business Manager dan memiliki akses keuangan ke akun Manajer Bisnis Anda, artinya Anda dapat melihat dan mengelola informasi keuangan secara langsung.

Cara untuk mengakses WhatsApp Manager antara lain:

Dalam WhatsApp Manager ini pengguna dapat melihat sebuah metrik berdasarkan:

Gunakan Alat Internal atau Pihak Ketiga untuk Pencatatan dan Pelaporan Peristiwa

Anda dapat melacak hasil kampanye iklan WhatsApp serta menyiapkan alat internal atau pihak ketiga untuk mencatat peristiwa yang relevan.

Dengan menyiapkan alat analisis, Anda dapat membuat dashbord sendiri dan menyiapkan integrasi apa pun yang diperlukan untuk mengambil data, namun perhatikan bahwa prosesnya mungkin memerlukan waktu dan mungkin diperlukan bantuan teknisi data untuk pelacakan apapun yang ingin Anda buat.

Pilihan lainnya adalah minimalkan pekerjaan di backend dengan menggunakan alat pelaporan pihak ketiga, seperti platform chatbot.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melacak berbagai metrik kampanye WhatsApp, seperti:

Baik Anda melacak metrik ini dengan alat internal atau pihak ketiga, data ini dapat sangat membantu dalam memastikan kampanye iklan di WhatsApp Anda tetap menarik dan menguntungkan.

Bandingkan Kinerja Kampanye Iklan WhatsApp dengan Hasil Pemasaran sebelumnya

Setelah beberapa bulan menggunakan WhatsApp, Anda tentu ingin melihat peningkatan dalam kinerja pemasaran Anda secara keseluruhan.

Ukur seberapa baik WhatsApp membantu Anda menghasilkan prospek, melibatkan pembeli, dan mendorong penjualan dengan melihat metrik ini:

Saat mengevaluasi kinerja WhatsApp Anda, perlu diingat bahwa dibutuhkan waktu untuk melihat perubahan yang signifikan dan beberapa tujuan kampanye memerlukan waktu lebih lama untuk menunjukkan hasil dibandingkan tujuan lainnya.

Peningkatan basis data pemasaran Anda mungkin langsung terlihat, namun pertumbuhan penjualan tidak akan langsung terlihat.

Bandingkan Kampanye WhatsApp dengan Saluran Pemasaran Lain

Jika kampanye perpesanan Anda juga berjalan di saluran lain, siapkan A/B testing untuk melihat bagaimana kinerja WhatsApp.

Email, SMS, dan notifikasi dalam aplikasi sering kali merupakan saluran perbandingan yang baik karena keduanya juga merupakan pengalaman berbasis teks yang berorientasi seluler.

Langkah-langkah pengujian A/B agak mendetail dan teknis, tetapi secara umum langkah-langkah untuk membandingkan saluran adalah:

Uji A/B Testing Template Pesan WhatsApp

Sama seperti membandingkan kinerja kampanye platform dengan saluran pemasaran lainnya, Anda dapat menguji template pesan WhatsApp secara A/B untuk melihat mana yang menurut pelanggan Anda paling menarik.

Template ini adalah pesan yang telah ditentukan sebelumnya yang dikirimkan merek Anda untuk memulai percakapan pemasaran, utilitas, dan autentikasi dengan pembeli. Misalnya, tim pemasaran Anda mungkin memiliki template pesan yang meminta pembeli untuk ikut serta dalam database pemasaran merek Anda.

Berikut ini cara pengujian A/B Testing pesan WhatsApp:

Untuk menjalankan eksperimen ini, pertimbangkan untuk menggunakan alat pengujian A/B, sehingga dapat memahami kinerjanya dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.

Tags:
whatsapp bisnistips mengukur iklan whatsapp bisnisIklan di WhatsApp

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Reporter

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Editor