POSKOTA.CO.ID - Simak syarat menerima bantuan sosial (bansos) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebelum Anda melakukan pendaftaran.
Seperti diketahui, pemerintah secara rutin masih menyalurkan berbagai bantuan kepada masyarakat termasuk BPNT yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos).
Perlu Anda ketahui, untuk menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.
Tentang BPNT
BPNT merupakan program berupa pemberian dana untuk membantu kebutuhan pangan keluarga miskin atau rentan miskin.
Pemerintah menetapkan saldo sebesar Rp200.000 per bulan untuk para KPM. Adapun penyalurannya dilakukan dalam dua bulan atau tiga bulan sekali.
Proses pencairan saldo dana bansos BPNT dikirimkan ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Merah Putih dari beberapa bank milik negara di antaranya BNI, BRI, Mandiri, BTN, dan BSI.
Saat ini, pencairan BPNT sudah memasuki tahap akhir 2024. Bagi KPM yang mendapat bansos dua bulan sekali, maka saldo yang masuk ke rekening sebesar Rp400.000.
Adapun bagi KPM yang mendapatkan jadwal pencairan tiga bulan sekali, maka saldo yang diterima yaitu sebesar Rp600.000.
Jika dihitung selama satu tahun penuh, KPM bansos BPNT mendapatkan dana dengan total Rp2.400.000.
Saldo yang cair ke KKS Merah Putih setiap tahapnya dapat digunakan sebagai modal transaksi untuk membeli bahan pangan seperti beras, telur, minyak, sayuran, dan sembako lainnya.
Syarat Penerima BPNT
Berikut ini beberapa syarat yang harus Anda penuhi apabila ingin menjadi bagian dari penerima bansos BPNT:
- Warga Negara Indonesia (WNI)
- Memiliki identitas KTP
- Tercatat di data kelurahan setempat sebagai anggota keluarga berkebutuhan
- Masuk Datat Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
- Tidak menerima bantuan lain dari pemerintah
- Tidak berstatus sebagai anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), atau Polri
- Bukan pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH)
Apabila Anda sudah memenuhi syarat-syarat tersebut, pendaftaran bansos BPNT bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu:
- Daftar BPNT Online: Dilakukan melalui Aplikasi Cek Bansos.
- Daftar BPNT Offline: Dilakukan di kantor desa/kelurahan dengan membawa KTP dan KK.
Cara Cek Bansos BPNT
Anda dapat memeriksa status penerimaan bansos BPNT secara mandiri dengan mengikuti cara berikut.
- Kunjungi situs resmi Cek Bansos Kemensos melalui link cekbansos.kemensos.go.id di perangkat yang sudah terhubung dengan internet.
- Isi kolom wilayah sesuai alamat, mulai dari Provinsi hingga Desa/Kelurahan.
- Masukkan nama lengkap penerima manfaat.
- Ketikkan empat huruf kode verifikasi sesuai yang tertera di layar.
- Klik 'Cari Data' untuk memeriksa hasil.
- Selesai, status penerimaan bansos akan muncul dengan data diri jika Anda terdaftar.
Demikian informasi mengenai syarat penerima bansos BPNT 2024 dan beberapa hal penting lainnya yang perlu Anda pahami. Semoga bermanfaat.
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.