ADVERTISEMENT

KNPB dan ULMWP Dalang Kerusuhan di Papua Saat Penjemputan Jenazah Lukas Enembe

Sabtu, 30 Desember 2023 12:11 WIB

Share
Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun. (ist)
Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,  POSKOTA.CO.ID – Siapa yang menjadi dalang kerusuhan penjemputan jenazah Lukas Enembe di Jayapura, Papua pada Kamis, 28 Desember 2023, akhirnya terungkap.

Demikiqn dikatakan Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan. Ia mengatakan kerusuhan yang terjadi saat penjemputan jenazah Lukas Enembe didalangi oleh anggota KNPB dan ULMWP.

Ditegaskannya KNPB dan ULMWP merupakan organisasi yang berjuang untuk memisahkan Papua dari NKRI.

"Anggota KNPB dan ULMWP melakukan kerusuhan saat pengantaran jenazah dari STAKIN Sentani, Kabupaten Jayapura, ke kediaman mendiang di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura," katanya usai pertemuan dengan paguyuban di Makodam XVII/Cenderawasih di Polimak, Jayapura, dilansir, Sabtu (30/12/ 2023).

Ditegaskan, anggota KNPB dan ULMWP yang menyusup serta bergabung dengan massa yang menyertai perjalanan jenazah hingga menyebabkan terjadinya pelemparan dan pembakaran bangunan serta kendaraan.

Dalang kerusuhan penjemputan jenazah Lukas Enembe di Jayapura, Papua pada Kamis, 28 Desember 2023, akhirnya terungkap.

Kini,  Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun mengalami luka di bagian kepala akibat lemparan batu. Wajahnya sampai berlumuran darah sehingga harus diperban.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan, Ridwan juga mengalami luka di bagian rusuk sehingga harus dirawat secara intensif. Ia bilang, Pj Gubernur Papua itu akan dievakuasi ke RSPAD Gatot Soebroto,  Jumat (29/12/2023).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT