JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Toyota Tacoma 2023 mungkin merupakan truk pikap menengah terlaris di AS, tetapi sayangnya performa, teknologi, dan kenyamanan interiornya tertinggal. Terakhir kali Toyota mendesain ulang Tacoma adalah pada tahun 2016 lalu dan sejak itu, semua pesaingnya telah didesain ulang sepenuhnya dengan interior yang ditingkatkan, teknologi terbaru, dan banyak lagi.
Namun semua itu berubah dengan kembalinya Toyota Tacoma 2024 terbaru. Toyota juga menambahkan edisi Tacoma Trailhunter 2024 baru dengan barang berbasis darat dari beberapa nama terbesar di industri.
Toyota menawarkan Tacoma baru dalam sejumlah konfigurasi yang mengejutkan. Para konsumen dapat memilih antara kabin tambahan (XtraCab) atau kabin awak (Double Cab) dan antara dua ukuran tempat tidur yang berbeda. Menu trim level meliputi SR, SR5, TRD PreRunner, TRD Sport, TRD Off-Road, Limited, TRD Pro dan Trailhunter.
Selain itu, mesin empat silinder 2.4 liter turbocharged sekarang menjadi standar, memberikan dorongan tenaga yang signifikan dibandingkan mesin empat silinder 2.7 liter yang disedot secara alami.
Powertrain hybrid opsional menghasilkan tenaga hampir 50 hp lebih banyak dari V6 sebelumnya. Toyota Tacoma 2024 yang baru merupakan langkah maju yang signifikan untuk model ini, dan jika sebelumnya tidak pantas mendapatkan gelar terlaris, sekarang pasti berhasil.
Dengan Tacoma 2024 baru, Toyota ingin tetap berpegang pada fitur desain yang sudah ada sejak lama pada model ini. Oleh karena itu, truk baru ini bersifat evolusioner, bukan revolusioner. Namun, mudah untuk melihat pengaruh Toyota Tundra yang lebih besar, yang berbagi platform dengan Tacoma baru.
Seperti Tacoma sebelumnya, Toyota telah melengkapi Tacoma baru dengan detail trim yang spesifik. Dari desain gril dan roda hingga stiker bagian bawah bodi mobil dan panel anti gores, setiap Tacoma 2024 terlihat sama.
Misalnya, Anda dapat melihat trim Trailhunter baru dengan badging kuningan, desain gril eksklusif, dan strip lampu LED 20 inci. Plus, Toyota menawarkan berbagai macam aksesoris untuk menyesuaikan truk, dan pemilik Trailhunter akan merapikan Tacoma mereka dengan mereka.
Toyota melaporkan bahwa peningkatan volume tempat tidur kargo sebesar 7%, diakses melalui pintu belakang aluminium baru dengan daya buka dan tutup. Inverter AC 400 watt yang dipasang di tempat tidur tersedia dengan motor standar, sementara semua hibrida Tacoma menyertakan inverter AC 2.400 watt. Selain itu, Trailhunters memiliki kompresor udara bertenaga tinggi bawaan yang mengempiskan ban saat keluar jalur.
Anda akan melihat bahwa beberapa versi trim Tacoma menyertakan spoiler hitam besar di bawah bumper depan, yang tentunya ditempatkan di sana untuk membantu truk mencapai penghematan bahan bakar EPA maksimum. Pemiliknya mungkin akan membatalkannya, membuangnya ke garasi dan melupakan segalanya.
Hanya dengan melihat foto interior Tacoma 2024, Anda dapat mengetahui bahwa ini adalah peningkatan besar dalam kualitas, desain, dan teknologi dibandingkan generasi sebelumnya. Ya, masih memiliki nuansa industrial yang khas, namun dengan nuansa modern yang tidak ketinggalan zaman.
Selain itu, Toyota menawarkan skema warna interior yang mencolok, termasuk aksen biru pada dasbor dan jok magenta untuk trim TRD Pro dan jahitan perunggu kontras pada Tacoma Trailhunter.
Tacoma baru terus menawarkan tuas persneling fisik alih-alih kenop atau kenop, sekaligus memberikan pegangan yang dapat digunakan penumpang untuk bertahan saat berkendara off-road. Model Tacoma TRD Pro juga menerima kursi kinerja IsoDynamic baru untuk dukungan penumpang yang lebih baik dan stabilitas off-road yang lebih baik.
Toyota menawarkan Tacoma generasi sebelumnya dengan mesin empat dan enam silinder yang disedot secara alami. Dengan Tacoma baru, Toyota mengambil pendekatan yang berbeda.
Mesin standar di basis 2024 Tacoma SR adalah turbocharged, 2.4 liter empat silinder yang menghasilkan 228 tenaga kuda dan torsi 243 pound-feet. Di semua versi truk lainnya, keempat turbocharger menghasilkan 278 hp dan 317 lb-ft torsi. Jika itu belum cukup, Anda bisa memesan powertrain hybrid i-Force Max Tacoma yang tersedia.
Toyota telah memasangkan mesin empat silinder 2.4 liter turbocharged dengan penguat listrik untuk menghasilkan 326 tenaga kuda dan torsi 465 pound-feet torsi. Itu hampir dua kali lipat torsi dari V6 yang keluar, dan Toyota mengatakan sistem hybrid baru memungkinkan Tacoma mencapai 8% dari jalan raya tanpa memindahkan gigi.
Otomatis delapan kecepatan telah menjadi standar, tetapi Toyota telah mengembalikan manual enam kecepatan sebagai opsi. Transmisi manual mencakup pencocokan putaran otomatis, pencegahan kios, dan penggantian start kopling, tetapi memangkas tenaga dari turbocharged empat menjadi 270 hp dan 310 lb-ft torsi.
Secara default, truk adalah penggerak roda belakang, dengan penggerak semua roda sebagai peningkatan yang tersedia. Kedua transmisi memiliki diferensial selip terbatas otomatis, sedangkan model TRD dan Trailhunter menambahkan diferensial belakang yang dikunci secara elektronik.
Pilih Tacoma Limited dan Anda akan menikmati penggerak semua roda dengan diferensial tengah yang terkunci. Dua teknologi off-road menambah kotoran sentuhan Tacoma baru.
Yang pertama adalah Multi-Terrain Select dengan mode berkendara Lumpur, Kotoran dan Pasir. Ini membantu mengontrol rotasi roda pada permukaan ini dan berfungsi dalam pengaturan kotak transfer 4-Hi dan 4-Lo. Yang kedua adalah Crawler Control, sistem cruise control off-road berkecepatan rendah yang membantu menjaga kecepatan satu digit sementara pengemudi fokus memilih jalur aman di lintasan. Kontrol bantuan menuruni bukit juga tersedia.
Toyota menambahkan rem cakram empat roda ke semua Tacoma 2024 sambil melengkapi truk versi TRD dan hybrid dengan komponen rem yang ditingkatkan. Selain itu, Tacoma baru dilengkapi dengan rem parkir elektrik dan sistem power steering elektrik yang menggantikan sistem hidrolik sebelumnya.
Model Tacoma XtraCab melanjutkan dengan desain suspensi belakang pegas daun, tetapi Tacoma Double Cabs menawarkan suspensi belakang multi-link pegas koil baru. Selain itu, dengan trim Limited, pikap dilengkapi dengan peredam adaptif standar untuk pengendaraan yang lebih mulus.
Bergantung pada level trim, Toyota juga memasang baut pada beberapa komponen suspensi. Misalnya, Tacoma TRD Pro memiliki peredam kejut internal 2,5 inci yang dapat disesuaikan secara manual dengan tiga pengaturan prasetel, sedangkan Trailhunter memiliki monotube tempa 2,5 inci yang peka terhadap posisi yang dikembangkan bersama oleh ARB kembali.
Dibandingkan dengan Tacoma SR5, Tacoma TRD Pro lebih panjang 2 inci di depan, 1,5 inci di belakang, dan 3 inci lebih panjang. Ini menawarkan 11 inci ground clearance dan approach, rollover dan sudut keberangkatan masing-masing 33,8 derajat, 23,5 derajat dan 25,7 derajat. Selain itu, ada sistem pemutus batang penstabil depan yang meningkatkan kopling roda Tacoma hingga 10%, menurut Toyota.
Toyota mengatakan sedang memperkuat sasis Tacoma baru untuk meningkatkan kapasitas angkut muatannya dan membuat truk lebih mampu membawa peralatan darat. Hal ini memungkinkan Tacoma TRD Off-Road untuk mengangkut muatan hingga 1.709 pound di tempat tidur yang volumenya tujuh persen lebih besar, membuat Tacoma lebih kompetitif daripada pesaing langsungnya. Jika dilengkapi dengan benar, Tacoma 2024 dapat menarik 6.500 pound.