ADVERTISEMENT

Debut Perdana Toyota RAV4 GR Sport PHEV di GIIAS, Jadi Mobil SUV Termahal Setelah Alphard dan bZ4X

Jumat, 11 Agustus 2023 12:43 WIB

Share
Toyota RAV4 GR Sport PHEV (paultan.org)
Toyota RAV4 GR Sport PHEV (paultan.org)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Indonesia merupakan rumah bagi Toyota RAV4 GR Sport PHEV yang memulai debutnya di Gaikindo International Auto Show (GIIAS) tahun ini. Dengan harga Rp 1,15 miliar, kendaraan SUV satu ini menjadi kendaraan listrik termahal ketiga setelah versi hybrid Alphard dan bZ4X.

Powertrain hibrida plug-in Toyota RAV4 mencakup mesin bensin empat silinder segaris A25A-FXS 2,5 liter yang disedot secara alami dengan injeksi bahan bakar D4S (port dan direct) yang menghasilkan tenaga 185 hp. (182 hp atau 136 kW) pada 6.000 rpm dan torsi 227 Nm dari 3.200 hingga 3.700 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan E-CVT dan dipasangkan dengan motor listrik depan yang menghasilkan tenaga 182 PS (180 hp atau 134 kW) dan torsi 270 Nm. Sementara itu, motor listrik kedua di bagian belakang melengkapi sistem penggerak semua roda E-Four dan menghasilkan tenaga 54 PS (54 hp atau 40 kW) dan torsi 121 Nm serta keseluruhan powertrain adalah 306 hp (302 hp atau 225 kW).

Tenaga untuk motor listrik disediakan oleh baterai lithium-ion dengan kapasitas energi 18,1 kWh, dan pengisian penuh menggunakan pengisi daya AC 6,6 kW onboard yang membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Jika baterai kendaraan terisi penuh, kendaraan dapat menggunakan tenaga listrik hingga 75 km setelah siklus WLTP.

Sebagai model GR Sport, Toyota RAV4 hadir dengan gaya yang khas untuk menandainya sebagai produk sport. Sebagai permulaan, gril memiliki lencana dan sisipan GR yang berbeda, sedangkan bemper depan dan belakang pada mobil ini juga memiliki desain yang beda, yakni bemper belakang dilengkapi dengan pipa knalpot ganda.

Disisi lain, ada fog lamp surround, velg aluminium hitam gloss 19 inci, serta suspensi GR-adjustable. Dua warna eksterior yang ditawarkan pada seri Toyota RAV4 GR Sport adalah Platinum Pearl White dan Emotional Red 2, keduanya memiliki warna atap hitam yang kontras.

Di bagian interior, Anda akan menemukan branding GR pada jok kulit dan roda kemudi, sementara fitur lainnya termasuk kontrol iklim zona ganda, kluster instrumen digital 12,3 inci, dan sistem infotainment layar sentuh 10,3 inci, serta sistem telematika T Intouch juga merupakan bagian dari daftar kit standar, bersama dengan rangkaian lengkap sistem bantuan pengemudi canggih Toyota Safety Sense (kontrol jelajah adaptif, balok tinggi otomatis, pengereman darurat), level otomatis, dll).

Sepertinya pihak Toyota Astra Motor tidak menyangka RAV4 GR Sport PHEV akan terjual dalam jumlah banyak, karena model ini tercatat sebagai mobil pesanan dengan waktu penarikan sekitar 3 bulan.

Selain bZ4X, plug-in hybrid RAV4 adalah satu-satunya model Toyota lainnya di jajaran saat ini yang dapat dipasang, meskipun harganya hampir dua kali lipat dari versi hybrid Yaris Cross, Corolla Cross, dan Kijang. Innova Zenix . 

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT