ADVERTISEMENT

Kopi Pagi Harmoko: Cermati Kehendak Rakyat

Senin, 29 Mei 2023 11:03 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, yang di dalamnya adil dalam perlakuan terhadap setiap warga negara meliputi setiap aspesk kehidupan, termasuk dalam menyerap aspirasi.

Itulah sebabnya seluruh keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah pun hendaknya selalu berlandaskan pada aspirasi dan kepentingan seluruh warga negara.

Diselaraskan dengan kehendak rakyat. Rakyat yang dulu menitipkan-memandatkan suaranya saat pemilu, pileg dan pilpres, kepada para elite politik yang sekarang menjadi penguasa.

Maknanya elite politik (baik di eksekutif, legislatif, yudikatif dan badan/ lembaga lainnya), hendaknya dalam dirinya menjelma kehendak rakyat.

Logika dasar demokrasi mengajarkan demikian.

Bukan menjelmakan suara dirinya, kelompoknya menjadi suara rakyat.

Bukan pula mengatasnamakan suara rakyat untuk kepentingan politik dirinya, kelompoknya dan kerabatnya.

Kini, saatnya para elite politik lebih memantapkan diri untuk mencermati kehendak rakyat dengan menyerap aspirasi berdasarkan fakta dan realita. Bukan yang hanya berada di permukaan berisi pujian dan dukungan, tetapi menguak kenyataan yang sebenarnya dirasakan rakyat, utamanya di lapisan bawah yang acap terpinggirkan.

Bisa jadi mereka terpinggirkan karena menjadi korban kebijakan, diskriminasi perlakuan atau karena dianggap berseberangan.

Bisa juga terpinggirkan karena jauh dari distribusi hasil-hasil pembangunan

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT