ADVERTISEMENT

Survei IndoStrategi 3 Capres Anies, Ganjar dan Prabowo Masih Sengit

Kamis, 18 Mei 2023 07:47 WIB

Share
Foto: Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, Survei IndoStrategi 3 Capres masih sengit. (Ist.)
Foto: Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, Survei IndoStrategi 3 Capres masih sengit. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam, menyampaikan berdasarkan data survei terbaru, ketua umum Gerindra Prabowo Subianto masih menempati elektabilitas tertinggi dibandingkan dua pesaingnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Untuk elektabilitas bila Pilpres dilaksanakan hari ini masih tak tergoyahkan di posisi puncak di tempati Prabowo dengan perolehan persentase 33,5 persen,” kata Arif dalam keterangannya Survei IndoStrategi capres, Rabu, (17/5/2023).

Dari hasil Survei IndoStrategi, Untuk nomor dua, posisi masih juga konsisten diisi oleh Gubernur Jawa Tengah yang juga politikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo. Sedangkan nomor tiga tetap diisi oleh eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

"Disusul oleh Ganjar di posisi kedua dan Anies di tiga besar," ujarnya. Lewat survei juga diukur bila dilakukan simulasi Pilpres 2024 akan bertarung tiga capres, yakni Prabowo, Ganjar dan Anies. Hasilnya, Prabowo masih menjadi potensi calon Presiden yang akan dipilih masyarakat.

"Pada simulasi 3 capres yang mempertandingkan Prabowo, Ganjar dan Anies, publik secara konsisten masih menaruh kepercayaan kepada Prabowo sebagai Presiden periode berikutnya. Ada 38,7 persen public yang memilihnya. Disusul Ganjar dengan 20,2 persen dan Anies 18,4 persen. Sementara ada 22,7 persen yang masih belum menentukan pilihan," paparnya.

Dari survei, Arif menyebut ada beberapa alasan mengapa publik masih memilih Pranowo sebagai Presiden penerus pasca kepemimpinan Joko Widodo.

Pertama kata Arif, dalam persepsi publik, Prabowo adalah sosok pemersatu bangsa. Dapat dilihat dari bergabungnya Prabowo dalam pemerintahan Jokowi, kemudian engagement yang dilakukan Prabowo terhadap lawan politiknya di masa lalu membuktikan Prabowo lebih mementingkan kesatuan bangsa daripada kepentingan kelompok.

"Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa Prabowo berjiwa besar, tidak pendendam dan baperan," tuturnya.

Kemudian untuk alasan kedua, Arif menyebut bahwa Prabowo adalah sosok yang ramah. Terlihat dalam beberapa momen Prabowo sangat santai ini merupakan hal yang baru bagi sosok purnawirawan TNI tersebut.

Ketiga Prabowo masih dipersepsikan sebagai sosok yang berani, kemudian tegas dan bertanggungjawab dimana ini memang merupakan karakter utamanya yang sudah banyak diketahui publik luas.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT