ADVERTISEMENT

Inflasi Desember 2022 Tembus 5,51 Persen, Pengamat Minta Pemerintah Waspada

Rabu, 4 Januari 2023 11:00 WIB

Share
Bhima Yudhistira.
Bhima Yudhistira.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah diminta mewaspadai inflasi bulan Desember 2022 yang menembus 5,51 persen.

Pernyataan ini datang dari Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira.

Dia tidak sependapat dengan BPS yang menyebut inflasi bulan Desember 2022 sebagai musiman. Karena inflasi tersebut terbilang tinggi dibandingkan inflasi pada tahun sebelum pandemi yang berkisar 2 hingga 3 persen.

"Fenomena ini sebenarnya tidak wajar. Makanya di banyak negara pasca pandemi mengalami stagflasi. Inflasi tinggi tetapi kesempatan kerja rendah," ujar Bhima Yudhistira seperti dikutip dari VOA pada Senin (2/1/2023).

Dia mengingatkan pemerintah berhati-hati supaya tidak terjebak stagflasi.

Stagflasi merupakan situasi ekonomi yang ditandai dengan pertumbuhan yang lambat dan tingkat pengangguran yang tinggi disertai dengan inflasi. Demikian dikutip dari situs Kementerian Keuangan.

Masyarakat akan mengerem belanja yang bersifat sekunder dan mendahulukan kebutuhan pokok jika nantinya terjebak dalam stagflasi. Di sisi produsen, kenaikan bahan baku akan mendorong kenaikan harga di tingkat konsumen sehingga akan memengaruhi konsumsi rumah tangga.

Dia menyarankan pemerintah mengambil kebijakan yang tepat untuk mencegah Indonesia masuk dalam jebakan stagflasi. Salah satunya dengan menurunkan harga BBM subsidi yang menjadi sumber inflasi.

"Pemerintah seharusnya cepat menurunkan harga BBM subsidi pertalite dan solar. Karena dengan cara itu pemerintah bisa membantu pemulihan daya beli."

Untuk sumber inflasi pangan, dia menyarankan pemerintah untuk memberikan subsidi pupuk dan bantuan pembiayaan bagi petani untuk memutus mata rantai inflasi.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT