ADVERTISEMENT

Presiden FIFA Sebut Piala Dunia Qatar Terbaik, Namun Terbantahkan Oleh Masalah HAM

Sabtu, 17 Desember 2022 15:00 WIB

Share
Piala Dunia FIFA di Qatar
Piala Dunia FIFA di Qatar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

QATAR, POSKOTA.CO.ID - FIFA menyebut Piala Dunia 2022 sebagai Piala Dunia terbaik yang pernah ada.

Hal ini disampaikan Presiden FIFA Gianni Infantino ketika berbicara pada konferensi pers di Qatar usai menghadiri pertemuan dewan FIFA.

Dengan perebutan tempat ketiga dan final tersisa, dia mengatakan 3,27 juta penonton telah menyaksikan pertandingan tersebut dibandingkan dengan keseluruhan 3,3 juta penonton di Piala Dunia 2018 di Rusia.

"Terima kasih kepada semua orang yang terlibat, Qatar, semua sukarelawan yang menjadikan ini Piala Dunia terbaik yang pernah ada," ucap Gianni Infantino seperti dikutip dari BBC pada Jumat (16/12/2022).

Lanjutnya,"Pertandingan telah dimainkan tanpa insiden. Suasananya sangat menyenangkan.”

“Ada sesuatu yang terjadi ketika kita berbicara tentang sepak bola yang benar-benar mendunia, dengan tim Afrika mencapai semifinal untuk pertama kalinya. Kami juga memiliki wasit wanita untuk pertama kalinya,” tambahnya.

"Ini merupakan kesuksesan yang luar biasa mendekati lima miliar dalam hal jumlah penonton. Pertemuan para penggemar dengan dunia Arab sangat penting bagi masa depan kita semua," ungkap Gianni Infantino.

Sejumlah negara Eropa berencana mengenakan ban lengan Satu Kasih (One Love) selama pertandingan untuk mempromosikan keragaman dan inklusi. Tetapi mereka tidak melakukannya karena kemungkinan sanksi dari badan sepak bola dunia FIFA.

Manajer Jerman Hansi Flick mengatakan para pemainnya menutup mulut mereka selama foto tim sebelum pertandingan pembuka Piala Dunia mereka melawan Jepang untuk menyampaikan pesan bahwa FIFA membungkam tim.

“Kalau soal regulasi, larangan, ini bukan soal melarang tetapi menghormati aturan,” kata Gianni Infantino.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT