ADVERTISEMENT

PPP: Kriteria Capres KIB Harus Pro Rakyat dan Berpengalaman, Tapi Bukan Pengalaman Sebagai Presiden

Minggu, 20 November 2022 10:16 WIB

Share
Airlangga Hartarto, Ketua umum Partai Golkar, salah satu kandidat capres KIB.
Airlangga Hartarto, Ketua umum Partai Golkar, salah satu kandidat capres KIB.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketua DPP PPP Ahmad Baidowi mengungkap kriteria capres KIB (Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Menurutnya, yang pasti kriteria umum, namun juga ada yang spesifik.

“Sebenarnya kriteria umum yang dimiliki KIB, pertama adalah integritas. Kedua, memiliki kapabilitas atau kemampuan,” kata Baidowi atau yang akrab disapa Awiek, Kamis  (17/11/2022). 

Kemudian syarat ketiga adalah, memiliki komitmen keumatan atau kerakyatan, harus pro rakyat, sehingga kebijakan yang dihasilakan tentu pro rakyat.  “Karena itu nanti kebijakan yang dihasilkan tentu po rakyat,” kata Awiek. 

KIB sendiri telah memiliki visi dan misi Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN). Gagasan ini muncul lebih awal sebelum KIB mengumumkan siapa Calon Presiden mereka. 

Menurut politisi PPP ini menyebutkan, soal kriteria pengalaman, tapi bukan pengalaman sebagai presiden, melainkan penglaman memimpin partai dan organisasi.

“Selanjutnya adalah kriteria pengalaman, tentu bukan pengalaman sebagai Presiden. Pengalaman memimpin bisa partai, berorganisasi, birokrasi, kepala daerah, pemerintahan atau menteri,“ jelas Awiek. 

Tidak bisa dipungkiri, tingkat elektabilitas calon juga sangat penting. Untuk itu, pembicaraan demi pembicaraan di KIB masih terus dilakukan. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum  Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, telah dibentuk tim kecil di KIB. "Kita masih terus ada pertemuan kecil dan terbatas, ada semacam tim kecil yang membahas soal apa saja yang akan dilakukan atau agenda yang bakal dilakukan KIB dalam waktu ke depan," ujarnya. 

Doli menambahkan, mengenai kapan akan diumumkan, sesuai arahan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, ada waktunya.

"Ini kan masih dinamis perkembangan terus akan didiskusikan. Seperti yang sudah disampaikan tiga ketum termasuk Pak Airlangga, ada momentum nya nanti akan disampaikan," tandas Doli. (rizal)

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Winoto
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT