Pengamat: KIB Belum Punya Kandidat Calon Presiden, Kini Sibuk Bahas Soal Kriteria Capres

Kamis, 17 November 2022 15:23 WIB

Share
Tiga petinggi KIB dari tiga parpol menyatakan solid. (foto: ist)
Tiga petinggi KIB dari tiga parpol menyatakan solid. (foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah ada kemajuan dengan penajaman pada visi-misi Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN) dan pembahasan kriteria calon presiden yang bakal diusung, kendati KIB belum juga mengumumkan nama kandidat.

Hal itu disampaikan pengamat poilitik dan CEO & Founder Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago, Kamis. Pengamat ini menilai, memang KIB sudah ada kemajuan, sampai kini KIB sibuk membahas soal kriteria capres, di saat KIB belum punya kandidat calon presiden. 

"Tapi saya melihat KIB sudah ada kemajuan, sudah sibuk bahas soal kriteria capres, visi misi kecapresan meskipun KIB belum ada kandidasi nama capres-cawapres yang diusung," kata  Pangi, Kamis (17/11/2022).

KIB juga dinilai mempunyai kemajuan dengan keberadaan visi-misi PATEN dan sudah mengantongi tiket dengan lolos ketentuan presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden.

 

Pangi Syarwi Chaniago, Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting. (foto: ist)

"Minimal KIB sudah punya boording pass. Sudah ada visi dan misi termasuk kriteria capres-cawapres, ketika sudah mengumumkan teman koalisinya," tegasnya.

Analis politik itu juga menduga koalisi yang terdiri atas Golkar, PAN, dan PPP belum percaya diri untuk mendeklarasikan nama capres karena masih menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo.

"Saya membaca ada gelagat Golkar dan KIB masih belum percaya diri untuk mengumumkan capres-cawapresnya. Boleh jadi masih menunggu arahan dan petunjuk dari Pak Jokowi," ungkapnya.

Pangi juga mengemukakan analisis terkait lamanya penentuan nama capres di KIB. Ia menduga KIB belajar dari dampak yang muncul usai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bacapres.

Halaman
Reporter: Rizal Siregar
Editor: Winoto
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar