ADVERTISEMENT

Jelang Peringati HUT RI ke-77 Tahun, Konduktor Wanita Pertama Pimpin GBN 2022 di Istana Merdeka

Sabtu, 13 Agustus 2022 16:10 WIB

Share
Kehadiran Gita Bahana Nusantara (GBN) saat latihan. (ist)
Kehadiran Gita Bahana Nusantara (GBN) saat latihan. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Gita Bahana Nusantara 2022 mendapat kehormatan untuk tampil di Istana Merdeka saat pengibaran dan penurunan sang saka merah putih.

Panitia yang terdiri dari Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan (Dit. PPK), Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek); Pengasuh dari YANMA Polri, penghubung (liasson officer disingkat LO) dan tim kesehatan berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga fisik dan psikis para peserta, agar terus prima hingga akhir pergelaran 17 Agustus 2022 mendatang.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Restu Gunawan turut menyampaikan semangat untuk memotivasi seluruh peserta GBN dalam menjalani pemusatan latihan. 

"Setelah dua tahun penantian dan harus menyesuaikan diri tampil secara virtual, Alhamdullilah tahun ini kita dapat tampil kembali secara langsung di Istana Merdeka. Mudah-mudahan seluruh peserta dapat berlatih sungguh-sungguh dan maksimal, terutama untuk menjaga kesehatannya sehingga dapat memberikan yang terbaik saat 17 Agustus nanti," katanya.

Ada yang berbeda dari tampilan GBN 2022.

Untuk tahun ini, konduktor yang akan memimpin pergelaran GBN adalah Nathania Karina atau yang akrab disapa Nia, lulusan University of Melbourne yang memiliki gelar ganda yaitu Pertunjukan Piano dan Pendidikan Musik.

Mendapat amanah menjadi konduktor wanita pertama untuk pergelaran GBN membuatnya merasa sangat senang, bangga dan bersemangat untuk bertemu dengan anak-anak dari 34 provinsi di Indonesia.

"Selama menjalani pemusatan latihan hingga hari ini, saya merasa tidak ada kendala sama sekali. Saya malah sangat bersemangat setiap mengawali hari latihan dengan mereka. Menurut saya GBN ini versi mini Indonesia, kapan lagi kan bisa kenal anak-anak dari berbagai provinsi dalam satu waktu?” ujar Nathania saat disambangi di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat.

Berbagai persiapan ia lakukan setelah menerima kabar akan bertindak sebagai konduktor di pergelaran GBN tahun ini, seperti pelatihan teknis dan juga mental.

Mengawali kebersamaannya dengan komunitas GBN yang sudah mumpuni di Wisma Kinasih, Nia melakukan riset singkat tentang GBN termasuk menonton berbagai pertunjukkan GBN di YouTube.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT