ADVERTISEMENT

Spirit ASEAN

Senin, 8 Agustus 2022 07:14 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Diperlukan kemampuan para elite negeri kita menjalin komunikasi penuh persahabatan dengan elite negara lain, baik di lingkup regional maupun internasional, seperti dikatakan Pak Harmoko dalam kolom “Kopi Pagi” di media ini.

Sejatinya para elite negeri kita memiliki modal dasar sebagai keunggulan dalam berkomunikasi dan berdiplomasi. Kesopanan dan keramahtamahan sebagai jati diri bangsa, menjadi keunggulan tersendiri, yang jarang dimiliki bangsa lain. Belum lagi keunggulan di bidang sumber daya alam, dan adat budaya bangsa.

Keunggulan – keunggulan itulah yang mesti dikemas sedemikian rupa guna meningkatkan bobot negeri kita, meningkatkan daya saing dengan negara tetangga khususnya. Itulah pekerjaan rumah yang menuntut segera dituntaskan.

Kepentingan nasional di atas segalanya, tetapi tidak lantas mengabaikan kepentingan kawasan. Bukankah sejak negeri ini didirikan sudah tersurat, “Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” sebagaimana terangkum dalam Pembukaan UUD 1945.

Ini merujuk kepada filosofi hidup harus memberikan nilai tambah, manfaat bagi lingkungan. “Urip iku urup”. Setiap warga kepada sekitarnya. Lebih luas lagi, negara dengan negara lainnya. Tentu dengan tidak mengorbankan jati diri bangsa. ( Azisoko )

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT