ADVERTISEMENT

Pengamat Perkotaan: Benahi DKI Jakarta Jauh Lebih Murah Daripada Bangun Ibu Kota Baru

Sabtu, 23 Juli 2022 20:00 WIB

Share
Nirwono Yoga
Nirwono Yoga

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pembenahan DKI Jakarta jauh lebih murah dibandingkan dengan membangun ibu kota negara baru.

Hal ini dituturkan Pengamat Perkotaan Nirwono Yoga.

Dia menjelaskan DKI Jakarta dari segi infrastruktur termasuk kota yang paling lengkap dibandingkan dengan kota-kota yang ada di Indonesia.

Dalam proses perbaikannya tidak perlu membebani anggaran negara.

“Semua sumber modal ada di Jakarta. Tidak menggunakan APBN sebenarnya kita bisa. Swasta bisa dilibatkan secara optimal karena swasta kan ikut berkepentingan. Karena banyak investasinya di Jakarta,” ucap Nirwono Yoga seperti dikutip dari VOA.

Dia melanjutkan,”Sementara kalau di IKN tidak memiliki kepentingan. Lalu terkait SDM paling tinggi ‘kan ada di Jakarta semua. Artinya saya justru melihat bisa jadi lebih murah.”

Nirwono Yoga yakin permasalahan klasik di Jakarta seperti banjir, ancaman tenggelam karena penurunan muka air tanah, dan polusi dapat diselesaikan dengan baik. Karena DKI Jakarta memiliki fasilitas lengkap.

Bahkan dia menilai jika berbagai permasalahan tersebut bisa diselesaikan maka Jakarta bisa bersaing ketat dengan kota-kota besar yang ada di dunia.

Dia menyarankan pemerintah agar tetap harus memperbaiki DKI Jakarta di luar persoalan jadi atau tidaknya ibu kota pindah.

Jakarta tetap akan memiliki daya tarik tersendiri bagi investor dalam beberapa tahun ke depan berdasarkan potensi yang dimilikinya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT