Jamal Khashoggi, Jurnalis Pembangkang Jadi Nama Jalan Di Depan Kedutaan Besar Arab Saudi di AS

Selasa, 21 Juni 2022 08:00 WIB

Share
Jalan Jamal Khashoggi
Jalan Jamal Khashoggi

AS, POSKOTA.CO.ID - Jalan di depan Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington diganti namanya menjadi Jamal Khashoggi.

Peristiwa ini berlangsung pada Rabu (15/6/2022).

Para aktivis bersumpah untuk tidak pernah melupakan jurnalis yang terbunuh itu meskipun ada rencana kunjungan Presiden Joe Biden ke Arab Saudi.

Pemerintah lokal ibu kota mengubah rambu-rambu di satu blok di depan Kedutaan Besar Arab Saudi guna menghormati pembangkang Arab Saudi itu yang dicekik sampai mati dan dimutilasi di dalam konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2018. Demikian dilansir dari Channel News Asia.

Presiden Dewan Distrik Columbia Phil Mendelson menyebutkan jalan itu akan berfungsi sebagai pengingat terus-menerus Jamal Khashoggi yang tidak dapat ditutup-tutupi.

Suara bulat diperoleh untuk mengganti nama bentangan Jalan Raya New Hampshire ini yang mana terletak di sepanjang gedung Watergate.

Gedung Putih sebelumnya mengumumkan Joe Biden akan melakukan perjalanan bulan depan ke Arab Saudi dan bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang menurut intelijen Amerika Serikat mengizinkan pembunuhan itu.

Joe Biden sebelumnya berjanji untuk memberikan status paria ke Arab Saudi atas masalah hak asasi termasuk pembunuhan Jamal Khashoggi yang telah menulis secara kritis tentang Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Washington Post.

Tawakkol Karman, aktivis dan penulis Yaman yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian, mengatakan pada seremoni itu bahwa kunjungan mendatang berarti Joe Biden telah meninggalkan komitmennya untuk mendukung hak asasi manusia di seluruh dunia.

Direktur Eksekutif Demokrasi untuk Dunia Arab Sekarang Sarah Leah Whitson, sebuah kelompok hak asasi yang didirikan oleh Jamal Khashoggi, mengecam ketundukan tak tahu malu Joe Biden.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar