Waspada Tujuh Keajaiban KTP DKI Jakarta
Senin, 6 Juni 2022 06:00 WIB
Share
Ilustrasi Sorot: Waspada tujuh keajaiban KTP DKI Jakarta. (ilustrator: poskota/arif's)

Keenam, memiliki KTP DKI Jakarta lebih mudah mendapatkan berbagai layanan sosial bagi warga lansia. Layanan sosial lansia di DKI Jakarta terbaik di Jabodetabek bahkan di Indonesia.

Ketujuh, memiliki KTP DKI memudahkan untuk mendapatkan layanan kesehatan. Fasilitas kesehatan di DKI Jakarta terbanyak dan terbaik di Jabodetabek bahkan di Indonesia.

Diakui atau tidak, begitulah faktanya. Sehingga banyak warga akan berpikir panjang atau bahkan ogah ketika diminta mengganti KTP DKI meski sudah menetap di luar Jakarta.

Inilah persoalan klasik yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Bodetabek. Perlu ada kebijakan revolusioner yang mewajibkan KTP sesuai domisili. Lurah, camat hingga kepala daerah hendaknya juga jangan pernah bosan mengingatkan warga bahwa domisili dan alamat KTP sebaiknya harus sama. 

Sampaikan bahwa segala keperluan akan membutuhkan kartu identitas yang sesuai dengan domisili. Apabila belum mengubah domisili KTP sesuai dengan tempat tinggal, hal ini bisa saja menjadi sebuah kendala.

Urusan penting yang biasanya membutuhkan KTP sesuai domisili, tidak hanya soal pendaftaran anak ke sekolah baru dan  melamar pekerjaan.

Namun juga penting untuk berbagai keperluan seperti pemilihan presiden, DPR/DPRD, Pilkada, mengurus pernikahan, tuntutan hukum, pembayaran pajak, dan masih banyak lagi. (*)

Halaman