ADVERTISEMENT

Pasokan Rudal Patriot AS Perkuat Arab Saudi

Rabu, 23 Maret 2022 20:30 WIB

Share
Rudal Patriot di Jepang.
Rudal Patriot di Jepang.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Sejumlah besar pencegat anti rudal Patriot dikirim AS ke Arab Saudi dalam beberapa pekan ini.

Sementara pemerintahan presiden AS Joe Biden berusaha meredakan apa yang sebelumnya menjadi titik ketegangan dalam hubungan AS dengan Arab Saudi yang semakin pelik.

Pencegat itu telah dikirim ke Arab Saudi menurut pejabat pemerintah senior pada Minggu (20/3/2022).

Pejabat yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas keputusan yang belum resmi diumumkan itu mengatakan keputusan tersebut sejalan dengan janji Joe Biden bahwa AS akan mendukung teman-temannya di kawasan.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan pada Minggu (20/3) mengecam pasukan Houthi di Yaman setelah mereka melancarkan salah satu serangan drone dan rudal yang paling intens terhadap fasilitas-fasilitas energi penting Arab Saudi.

Serangan ini memicu kebakaran di salah satu lokasi dan menghentikan produksi untuk sementara waktu di fasilitas lainnya.

Associated Press melaporkan pada September lalu bahwa AS telah memindahkan sistem pertahanan Patriot dari Pangkalan Udara Prince Sultan di luar Riyadh meskipun ketika itu Arab Saudi terus menghadapi serangan udara dari pemberontak Houthi Yaman.

Arab Saudi telah menegaskan bahwa sistem pencegat itu penting bagi pertahanan udara mereka dalam menghadapi serangan Houthi.

Arab Saudi terlibat dalam perang dengan Houthi tanpa ada kemajuan sejak Maret 2015.

Para pejabat pemerintah menyatakan perubahan dalam kemampuan pertahanan pada waktu sistem Patriot AS dipindahkan dari Arab Saudi.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT