ADVERTISEMENT

“Jangan Menjadi Google” Dipekikkan Perusahaan Rintisan Pro Data Pribadi

Rabu, 16 Februari 2022 19:41 WIB

Share
Kantor Google di Mountain View California.
Kantor Google di Mountain View California.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Slogan “jangan menjadi penjahat” sempat digunakan Google untuk membedakan perusahaannya dengan para saingannya.

Tetapi kini slogan “jangan menjadi Google” semakin banyak digunakan perusahaan rintisan atau start up yang pro terhadap perlindungan data pribadi.

Mereka menyindir Google Analytics. Ini adalah produk yang digunakan lebih dari separuh situs web di seluruh dunia untuk memahami perilaku orang-orang saat berselancar di dunia maya.

“Google membuat banyak perangkat bagus untuk banyak orang,” kata Marko Saric seperti dilansir dari AFP pada Selasa (15/02/2022).

Laki-laki Denmark ini kini bermukim di Belgia. Dia mendirikan Plausible Analytics di Estonia pada 2019.

“Tetapi selama bertahun-tahun mereka mengubah pendekatan mereka tanpa benar-benar memikirkan apa yang benar, apa yang salah, apa yang jahat, apa yang tidak.”

Marko Saric dan banyak lainnya diuntungkan dengan kebijakan GDPR, regulasi data pribadi Eropa yang diberlakukan mulai 2018, untuk mengendalikan siapa saja yang dapat mengakses data pribadi.

Perlindungan Data Pribadi

Prancis pada pekan lalu mengikuti langkah Austria dengan mengumumkan bahwa praktik Google dalam mentransfer data pribadi dari servernya di Uni Eropa ke servernya di AS merupakan hal ilegal di bawah GDPR. AS dinilai tidak memiliki perlindungan yang memadai.

Google tidak setuju. Pihaknya mengatakan bahwa data yang ditransfer sudah dianonimkan dan skenario yang dibayangkan Eropa bersifat hipotesis belaka.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT