ADVERTISEMENT

Lebih dari $ 5,7 Miliar Saham Tesla Disumbangkan Elon Musk untuk Amal

Rabu, 16 Februari 2022 08:00 WIB

Share
Elon Musk
Elon Musk

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Sekitar lima juta saham Tesla disumbangkan untuk keperluan amal pada periode 19 November hingga 29 November 2021.

Hal tersebut terlihat dari pengajuan Kepala Eksekutif Tesla Elon Musk yang ditujukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Senin (14/2/2022) seperti dikutip dari Reuters.

Donasi tersebut bernilai $ 5,74 miliar berdasarkan harga penutupan saham Tesla pada saat menyumbangkan saham tersebut.

Berkas pengajuan itu tidak mengungkapkan nama badan amal yang menerima hibah saham itu.

Miliarder itu pada akhir tahun lalu menjual saham senilai $ 16,4 miliar setelah melakukan polling kepada pengguna Twitter tentang rencana melepas 10 persen sahamnya di Tesla.

Dia mencuit tahun lalu bahwa dia akan membayar lebih dari $ 11 miliar pajak pada 2021 karena pelaksanaan opsi sahamnya akan berakhir tahun ini.

Dia juga bertikai dengan politisi Bernie Sanders dan Elizabeth Warren yang meminta orang kaya untuk membayar lebih banyak pajak.

Analis mengatakan akan ada manfaat pajak untuk Elon Musk saat melakukan aksi amal tersebut. Ini karena saham yang disumbangkan untuk amal tidak dikenakan pajak capital gain seperti jika dijual.

"Manfaat pajaknya akan sangat besar. Dia akan menghemat antara 40 persen dan 50 persen dari pajak $ 5,7 miliar, tergantung pada apakah dia bisa mengambil pengurangan terhadap pendapatannya di California dan dia akan menghindari pajak keuntungan yang harus dia bayar, jika dia menjual sahamnya," kata Bob Lord, rekanan di Institut untuk Studi Kebijakan yang mempelajari kebijakan pajak.

Dia mengatakan Elon Musk mungkin telah menyumbangkan saham itu ke perantara seperti dana yang disarankan donor, tidak langsung ke kelompok amal.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT