ADVERTISEMENT

Ukraina Terjepit di Tengah Konflik Rusia dan AS

Selasa, 15 Februari 2022 16:05 WIB

Share
Sistem rudal antar benua Rusia.
Sistem rudal antar benua Rusia.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Ukraina dapat membatalkan tawarannya untuk bergabung dengan NATO demi menghindari perang dengan Rusia.

Keterangan ini disampaikan Duta Besar Ukraina untuk Inggris Vadym Prystaiko dalam sebuah wawancara pada Senin (14/2/2022).

"Prioritas kami sekarang adalah meredam krisis yang semakin meningkat setiap hari di luar perbatasan kami. Kiev sedang mencari solusi praktis untuk mengatasi ketegangan ini," katanya.

Perubahan sikap ini mencerminkan adanya pemahaman baru di antara para pemimpin Ukraina tentang situasi keamanan yang mengerikan di tengah meningkatnya kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina.

Namun keanggotaan Ukraina di NATO telah menjadi salah satu amanat konstitusi negara itu. Demikian dilansir dari Pars Today.

Salah satu tuntutan utama para pemimpin Ukraina pro Barat sejak pecahnya Revolusi Warna pada tahun 2004 dan penggulingan Presiden Viktor Yushchenko oleh parlemen adalah menjadi anggota NATO.

Mereka beralasan bahwa tuntutan itu muncul karena adanya ancaman Rusia terhadap keamanan nasional Ukraina.

Tuntutan itu sempat diabaikan selama masa pemerintahan pro Rusia Presiden Viktor Yanukovych. Namun keinginan tersebut kembali mengemuka setelah Viktor Yanukovych digulingkan dan munculnya pemerintahan pro Barat di Ukraina yang dipimpin Petro Poroshenko.

Ukraina sekarang memperluas hubungannya dengan NATO di masa kepresidenan Volodymyr Zelensky.

Para pejabat aliansi militer Barat ini, terutama Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, menekankan perlunya Ukraina untuk bergabung dengan organisasi mereka.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT