Keren, Genjot Dunia Pendidikan, Usaha dan Industri, Dirjen Pendidikan Vokasi Hibahkan Pesawat KR-02 Ke SMK Muhamadiyah 2 Magelang
Selasa, 1 Februari 2022 18:50 WIB
Share
Keren, Genjot Dunia Pendidikan, Usaha dan Industri, Dirjen Pendidikan Vokasi Hibahkan Pesawat KR-02 Ke SMK Muhamadiyah 2 Magelang. (Foto: dirjen Pendidikan vokasi)

POSKOTA.CO.ID – Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi terus menggenjot dunia Pendidikan, dunia usaha dan industri dengan menghibahkan sebuah pesawat terbang ke SMK Muhammadiyah 2 Salam, Magelang, Jawa Tengah, Senin (31/1/2022).

Pesawat KR-02 dengan 2 awak ini diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto yang turut menyaksikan kerja sama Jurusan audia-visual di SMK tersebut dengan Polytron.

“Kerja sama dengan Polytron dengan SMK ini mencakup kurikulum yang dibuat bersama, expert dari Polytron yang mengajar di SMK, magang guru dan siswa di Polytron, bantuan peralatan pembelajaran praktik dari Polytron, serta komitmen Polytron untuk menyerap lulusan SMK,” terang Wikan dalam keterangan resmi yang diterima Poskota, Selasa (1/2/2022).

“Pesawat terbang ini diranncang dan dibangun oleh Alamrhum Ir. Kemal Singgih (ayah Dirjen Wikan, red) dan teman beliau, yaitu pebisnis yang hobi olahraga dirgantara yaitu Bapak Heri Rudiyanto,” tambahnya.

Sementara itu, Heri Rudiyanto merupakan sosok yang dikenal sebagai pilot/atlet terbang layang yang sempat meraih medali perunggu dan perak dalam berbagai ajang PON di masa lalu.

Ditambah lagi, sosok pecinta olahraga dirgantara ini beberapa waktu yang lalu juga menghibahkan pesawat lain dengan jenis yang sama ke SMK di Medan, Sumatra Utara.

Wikan pun menjelaskan, pesawat telah dimanfaatkan oleh SMK Muhammadiyah 2 Salam untuk melatih para siswanya sebagai calon teknisi pesawat terbang.

Untuk spesifikasi mesin pesawat tersebut memakai mesin VW dengan konstruksi body pesawat dari kayu yang sudah diolah khusus dipadukan logam ringan maupun fiber.

Selain itu, instrumen pesawat juga terbilang lengkap dari pengukur ketinggian terbang, speedometer, tortle dan lain-lain sehingga memenuhi spesifikasi yang layak terbang.

“Siswa SMK jurusan penerbangan kalau belajar sebagai  calon teknisi pesawat ya jangan hanya dengan membaca buku saja, harus pegang langsung pesawat aslinya,” jelasnya.

Halaman
1 2