ADVERTISEMENT

Program KaTa Kreatif Indonesia 2022, Terobosan Baru Menparekraf Untuk Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

Selasa, 1 Februari 2022 17:40 WIB

Share
Menparekraf Luncurkan Program KaTa Kreatif Indonesia 2022, Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja. (Foto: kemenparekraf)
Menparekraf Luncurkan Program KaTa Kreatif Indonesia 2022, Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja. (Foto: kemenparekraf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID – Sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan program pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia Tahun 2022.

Pada acara "Kick off Pelaksanaan Program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia Tahun 2022", yang berlangsung secara hybrid, Senin (31/1/2022), ditandai dengan dimulainya kegiatan Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) di Kota Bitung, Sulawesi Utara.

"Mengawali tahun 2022, selamat Kota Bitung mengalami momentum penting, menjadi kota pertama yang menandai pelaksanaan program KaTa Kreatif indonesia, yang menjadi unggulan kami di kemenparekraf. Besar harapan saya Tuhan memberkati kita semua atas kick off pengembangan KaTa Kreatif tahun 2022 ini," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan resminya.

"Karena dengan kolaborasi ini, kita terus berkomitmen dan konsisten melalui beberapa program yang tepat sasaran dan tepat waktu untuk membangkitkan ekonomi kreatif di Kota Bitung," tambahnya.

Sandiaga juga menjelaskan bahwa Kota Bitung memiliki keindahan alam bahari dengan lingkup Destinasi Super Prioritas Likupang, yang  perlu untuk terus didorong potensi produk ekonomi kreatifnya.

Sebab, kontribusi sektor ekonomi kreatif (ekraf), Indonesia menempati posisi tiga besar dunia, setelah Amerika dengan Holywood, nomor dua Korea dengan K-Pop dan drama Korea.

"Tapi jangan khawatir, karena Bitung ini tetap menjadi bagian, bukan penyangga, tapi merupakan pilar yang kuat, yang kita akan dukung dari berbagai hasil ekonomi kreatif masyarakatnya, seperti hasil kuliner, hingga kriya khas Kota Bitung," jelas Sandiaga.

Selain itu, seiring strategi dan pengembangan KaTa Kreatif Indonesia, Sandiaga juga akan mengawal program Bantuan Pemerintah (Banper)  infrastruktur ekonomi kreatif.

Bantuan ini akan diberikan kepada komunitas/kelompok masyarakat, lembaga pemerintah, non-pemerintah, berupa pemberian bantuan pengembangan sarana dan prasarana infrastruktur.

“Karena kita ingin mengakselerasi pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, membangkitkan ekonomi bangsa serta membangun sosial ekonomi masyarakat secara komprehensif secara berkelanjutan,” tutup Sandiaga. (Muhamad Ichsan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT