ADVERTISEMENT

Harga Sembako Melejit, DPR: Gizi Masyarakat Memburuk

Selasa, 11 Januari 2022 09:05 WIB

Share
Netty Prasetiyani saat bersama anak-anak. (ist)
Netty Prasetiyani saat bersama anak-anak. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Mengawali tahun 2022, masyarakat dikejutkan dengqn sejumlah bahan pokok seperti telur, minyak goreng, cabai rawit, bawang merah dan bawa putih mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

Kenaikan harga sejumlah sembako yang rutin dikonsumsi masyarakat ini disebut akan berpengaruh pada tidak terpenuhinya gizi keluarga. 

"Jika bahan-bahan pokok terus mengalami kenaikan dan tidak bisa dikendalikan, maka yang paling terdampak adalah masyarakat menengah ke bawah. Masyarakat akan kesulitan menjangkau bahan pokok bergizi yang bisa memicu semakin parahnya kondisi stunting di Indonesia. Tahun 2021 saja angka stunting kita masih 24,4 persen yang berarti masih di atas ambang batas ketetapan WHO," kata Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani, Selasa (11/1/2022).

Netty menyebut, bahkan telur yang dikonsumsi masyarakat sebagai sumber protein sekarang harganya luar biasa mahal di pasaran. 

Padahal telur ini merupakan sumber protein yang bisa dibeli masyarakat dengan harga terjangkau. 

"Jika telur saja sudah mahal, maka bagaimana lagi caranya masyarakat menengah ke bawah bisa memenuhi kebutuhan protein keluarga? Ayam, ikan atau bahkan daging tentunya jauh lebih mahal lagi harganya" ungkap Netty. 

Dalam laporan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) pe Rabu (29/12) saja, kenaikan bahan pokok paling tinggi terjadi pada elur ayam ras segar yang dibanderol Rp 30.300 per kilogram atau naik Rp 700 (2,36%). 

"Kenaikan demi kenaikan harga bahan pokok ini juga sangat kontras dengan minimnya kenaikan upah minimum provinsi. Upah minimum tahun 2022 hanya naik sebesar 1,09 persen. Bahkan ada daerah yang UMP-nya hanya naik Rp14 ribu dibandingkan tahun sebelumnya" ujarnya. 

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR  ini juga menyoroti aksi pemerintah yang menggelar operasi pasar guna membuat harga bahan pokok lebih stabil. 

"Saya kira operasi pasar saja tidak akan cukup dalam menstabilkan kembali harga bahan pokok. Apalagi operasi ini banyak digelar di luar pasar, sementara masyarakat lebih banyak berbelanja di dalam pasar," ucapnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT