ADVERTISEMENT

Bukan Gegara Setan Budeg, Ternyata Ini Penyebab Utama Orang Bisa Tertabrak Kereta Api di Pintu Perlintasan

Rabu, 24 November 2021 14:39 WIB

Share
Kereta api jarak jauh. (dok.PT KAI)
Kereta api jarak jauh. (dok.PT KAI)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Sudah banyak dan sering terjadi adanya kasus kecelakaan yang menimpa pejalan kaki atau pengendara transportasi saat sedang melintas di perlintasan kereta api.

Kasus seperti itu biasanya terjadi saat seseorang sambil memegang handphone sedang berjalan.

Menyadur dari laman NHK World-Japan, kecanduan layar handphone jelas dapat memiliki konsekuensi yang mematikan bagi manusia.

Salah satu contohnya, pada suatu malam di bulan Juli, seorang wanita berusia 31 tahun yang sedang melihat smartphone-nya berjalan keluar ke perlintasan kereta api di Tokyo dan berhenti.

Rekaman kamera keamanan menunjukkan wanita itu masih menatap layar HP bahkan setelah penghalang keamanan diturunkan dan sirene mengumumkan kereta yang akan datang.

Polisi yang meninjau rekaman kamera keamanan berspekulasi bahwa wanita itu tahu kereta akan datang tetapi berasumsi dia telah mencapai tempat yang aman.

Profesor Emeritus Kozuka Kazuhiro dari Aichi University of Technology, yang telah menghabiskan lebih dari satu dekade meneliti bagaimana penggunaan ponsel mempengaruhi penglihatan orang, mengatakan itu sangat mungkin.

Kozuka menggunakan alat pelacak mata untuk melihat bagaimana berjalan dengan smartphone memengaruhi gerakan mata pengguna.

Penelitiannya menunjukkan bahwa area fokus seseorang di bidang penglihatannya menyusut 95 persen ketika mereka melihat perangkat.

Kozuka mengatakan bahkan jika suatu objek berada di bidang penglihatan Anda, otak Anda tidak akan serta merta merasakannya kecuali mata Anda fokus padanya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT