ADVERTISEMENT

Gawat! Profesor Ini Minta Orang Tua Berhati-hati, Kasus Covid-19 Bisa Jadi Ancaman Besar Bagi Anak-anak di Akhir Tahun 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 18:22 WIB

Share
Timbul Ancaman Covid-19 Bagi anak-anak di Indonesia (Foto: Istimewa)
Timbul Ancaman Covid-19 Bagi anak-anak di Indonesia (Foto: Istimewa)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Profesor Sri Rezeki Hadinegoro mengimbau kepada para orang tua untuk berhati-hati.

Pasalnya, kasus Covid-19 juga bisa sangat menyerang kesehatan tubuh anak-anak apabila terus menerus dibiarkan main ke luar ruangan.

Peningkatan mobilitas selama pandemi Covid-19 jelas menjadi ancaman tersendiri bagi setiap manusia dan tidak berpatokan dengan usia.

Maka dari itu, Prof Sri meminta agar para orang tua bisa mengawasi anak-anak dengan sebagik mungkin dan tidak ikut dibawa liburan untuk meminimalisir terpapar virus Covid-19.

Meskipun kelompok usia anak di bawah 12 tahun sering dianggap sebagai sebuah kelompok yang sangat kecil kemungkinannya untuk terpapar, tetapi kasus Covid-19 pada anak bisa meningkat jika terus dianggap remeh sejumlah orang.

Hal tersebut disampaikan oleh Prof Sri saat sedang menghadiri acara webinar bersama BPOM yang berlangsung pada Selasa (19/10/2021).

"Di awal-awal tahun 2021, ini terus meningkat dan bisa diliat kenaikan drastis pada waktu libur, libur Idul Fitri, Idul Adha, akhir tahun,” ujar Prof Sri.

“Kenapa anak-anak yang kecil? Karena anak-anak dibawa piknik jadi ketularan," tambahnya.

Selain kelompok usia 12 tahun, Prof Sri menuturkan bahwa data yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terungkap bahwa ada juga kelompok usia remaja yang mengalami peningkatan kasus Covid-19.

Hal itu diperkirakan karena kelompok usia seperti itu biasanya sudah bisa berpergian untuk liburan sendiri tanpa didampingi oleh orang tua.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT