Anies Revitalisasi Masjid Bersejarah di Jakarta, Milik Kakek Ustaz Yusuf Mansur
Jumat, 8 Oktober 2021 20:22 WIB
Share
Gubernur Anies Baswedan saat mengunjungi Masjid Al Mansur di Tambora , Jakarta Barat bersama Ustad Yusuf Mansur. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana merevitaliasi sejumah situs maupun tempat-tempat bersejarah di Jakarta yang memiliki nilai bersejarah.  

Tidak terkecuali Masjid Al Mansur, yang berada di Jalan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat.

Masjid yang dibangun KH Afif Mansyur, yang juga merupakan kakek KH Yusuf Mansyur tersebut berusia sekitar 300 tahun.

Dan itu, kembali ditegaskan Anies saat mengunjungi Masjid tersebut sekaligus untuk melaksanakan Sholat Jumat.  

"3,5 tahun lalu saya hadir di masjid ini untuk acara haul. Waktu itu sambil selesai acara, saya menyaksikan masjid bersejarah ini, masjid ini didirikan (tahun) 1717 dan masjid ini penuh sejarah serta berpengaruh besar, punya catatan perjuangan tersendiri," ucapnya, Jumat (8/10/2021).

"Pada awal kemerdekaan di mana tak banyak tempat mengibarkan merah putih, tetapi saat itu Guru Mansur mengibarkan merah putih di masjid ini,” tuturnya kembali. 

Melihat latar belakang dan kondisi masjid yang perlu pembaharuan tersebut, Anies pun memutuskan untuk melakukan revitalisasi.

Sehingga kelak masjid ini dapat terus berdiri kokoh, serta dimanfaatkan untuk generasi selanjutnya.

"Masjid ini harusnya bukan hanya dirawat, tetapi dipastikan anak kita dan anak dari anak-anak kita dapat melihat masjid ini berdiri tegak. Maka dari itu kami putuskan revitalisasi," ucap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun menginginkan, pilar pilar yang ada pada pembangunannya keropos dan akhirnya menyesal.

Halaman
1 2