Aneh Tapi Nyata! Peneliti Asal Amerika Temukan Laut di Selatan Jawa yang Mengeluarkan Cahaya Dalam Gelap, Begini Penjelasannya

Kamis, 9 September 2021 16:03 WIB

Laut di Selatan Jawa Terlihat dari Satelit Mengeluarkan Cahaya (Foto: engr.source.colostate.edu)

Lautan susu telah dijelaskan oleh para pelaut selama lebih dari 200 tahun. Laporan mencirikan mereka memiliki cahaya pucat, dan perjalanan melalui mereka digambarkan seperti bergerak melintasi ladang salju atau puncak awan.

Baling-baling kapal menciptakan gelombang gelap saat bergerak melintasi lautan.

Cahayanya sangat redup sehingga cahaya bulan membuatnya tidak terlihat oleh mata manusia. Perairan yang tidak biasa tampak lebih seperti fiksi ilmiah daripada sains; memang, mereka berperan dalam novel Jules Verne Twenty Thousand Leagues Under the Seas.

Para ilmuwan mengalami tontonan hanya sekali, ketika R/V Lima kebetulan melihat perairan bercahaya di Laut Arab pada tahun 1985.

Sampel air dari kapal mengidentifikasi ganggang yang ditutupi dengan bakteri bercahaya Vibrio harveyi, membuat para ilmuwan berhipotesis bahwa lautan susu dikaitkan dengan koleksi besar dari bahan organik.

Kelompok kecil V. harveyi dan bakteri serupa lainnya tidak memiliki kilau samar yang ditemukan di lautan susu, tapi begitu populasi tumbuh cukup besar, bakteri menyalakan pendaran mereka dengan proses penginderaan kuorum.

Setiap bakteri individu menyemai air dengan sekresi kimia yang dikenal sebagai autoinducer. Hanya setelah emisi mencapai kepadatan tertentu bakteri mulai bersinar.

"Anda tahu ketika Anda melihat lampu-lampu ini bahwa ada banyak bakteri luminescent di sana," kata Kenneth Nealson, yang bersama dengan Woody Hastings mengidentifikasi fenomena tersebut pada 1960-an dan bukan bagian dari studi baru.

Nealson, seorang profesor emeritus di University of Southern California, memperkirakan dibutuhkan sekitar 10 juta bakteri per mililiter air untuk menyalakan lampu.

Mengumpulkan begitu banyak bakteri di satu bagian lautan membutuhkan sumber makanan yang signifikan, dan para ilmuwan menduga bakteri tersebut memangsa sisa-sisa ganggang besar. "Jika Anda memberi mereka sesuatu yang enak untuk dimakan, mereka akan berlipat ganda setiap setengah jam," kata Nealson.