ADVERTISEMENT

Crane Ambruk Ditabrak Kapal di Terminal Peti Kemas Semarang

Minggu, 14 Juli 2019 22:43 WIB

Share
Crane Ambruk Ditabrak Kapal di Terminal Peti Kemas Semarang

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Kapal petikemas MV Soul of Luck yang akan sandar di dermaga Internasional TPKS membentur crane, Minggu (14/7/2019).  Akibatnya satu Container Crane (CC) nomor 3 yang berada di posisi paling ujung di dermaga Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) roboh tersenggol. Tidak ada korban jiwa namun satu petugas luka-luka.

VP Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata dalam keterangannya kepada wartawan membenarkan peristiwa yang terjadi pada pukul 17.00 WIB. Sesaat setelah kejadian segera dilakukan pengamanan area kejadian radius beberapa meter tim tanggap darurat/evakuasi saat ini melakukan investigasi dan evakuasi.

Mengenai crane yang rusak, katanya, sudah diasuransikan. “Tidak ada kecelakaan kerja baik meninggal atau luka berat dalam peristiwa ini karena pelindo III menerapkan standart safety yang tinggi untuk seluruh terminalnya termasuk Terminal Peti Kemas Semarang,” ujar Wilis.

Setelah seluruh proses evakuasi berjalan lancar sesuai dengan SOP dan kontigensi plan, operasional bongkar muat di dermaga sudah kembali berjalan normal setelah sempat terhenti tiga jam.  TPKS pun tetap bisa melayani para pengguna jasa logistic.

Dikatakannya, mengingat pentingnya TPKS sebagai gerbang ekspor impor utama para pengusaha di kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya. Pelindo III akan berupaya untuk mengatasi insiden dengan cepat dan risiko yang terjadi dapat terkelola dengan baik.

 Kementerian Perhubungan c.q Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Semarang, Jawa Tengah secara terpisah dalam ketearngan rilisnya menyebutkan pihaknya tengah berkoordinasi dengan PT Pelindo III untuk memastikan kelancaran pelayanan kapal di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) pasca insiden kapal MV. Soul of Luck yang menyenggol crane hari ini (14/7) pukul 17.00 WIB di Semarang.

Adapun insiden tersebut terjadi setelah terjadi trouble pada kapal tunda dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Kapal MV. Soul of Luck yang diageni oleh PT. Layar Sentosa menyenggol crane di dermaga TPKS sehingga 1 unit Container Crane 3 ambruk. Korban jiwa tidak ada, hanya ada korban luka ringan 1 orang yaitu operator head truk yang langsung dibawa ke rumah sakit Panti Wilasa Citarum," ujar Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid.

Kapal container kargo berbendera Panama dengan registrasi IMO 9148647, berbobot GT 16.915 dengan panjang 168.05 meter serta lebar 27 meter ini tersebut berlayar dari  Pelabuhan Port Klang Malaysia pada tanggal 11 Juli  2019 dan tiba di Pelabuhan Semarang 14 Juli 2019 pukul 17.10 WIB.

Wahid memastikan pelayanan kepelabuhanan tetap berjalan seperti biasanya meski lokasi kejadian sudah disterilkan."Saat ini lokasi kejadian telah disterilkan namin layanan kepelabuhanan terus berjalan seperti biasanya. Kami akan berkoordinasi dengan KNKT untuk menginvestigasi penyebab kejadian tersebut," tutup Wahid. (dwi/yp)

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Admin Super
Editor: Admin Super
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT