ADVERTISEMENT

Krakatau Steel Dituding M Nasir Selundupkan Baja dari China, Dirut PT KS Membantah Keras

Sabtu, 27 Maret 2021 23:38 WIB

Share
Dirut PT KS Silmy Karim (kedua dari kiri) saat berkunjung ke workshop PT Mahes milik Awara (kedua dari kanan). (ist)
Dirut PT KS Silmy Karim (kedua dari kiri) saat berkunjung ke workshop PT Mahes milik Awara (kedua dari kanan). (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG - Tudingan yang  disampaikan Anggota Komisi VII DPR RI Muhammad Nasir  terhadap PT Krakatau Steel (KS)  Persero Tbk dalam rapat dengar pendapat, Rabu (24/3/2021), terkait penyelundupan baja dari China dinilai sangat tidak berdasar dan tidak masuk akal.

Dosen Universitas Sahid Jakarta, Dr. M.T. Natalis Situmorang mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan tudingan yang dialamatkan kepada PT  Krakatau Steel oleh Anggota DPR RI Muhamad Nasir dari Fraksi Partai Demokrat tersebut.  

"Sebenarnya sebagai seorang pejabat negara (anggota DPR), Muhammad Nasir harus bisa membuktikan ucapannya soal baja yang dari China tetapi dicap Krakatau Steel,” tegas  Natalis Situmorang, di sela-sela rapat Dewan Pengurus Nasional (DPN) Masyarakat Pertambangan Indonesia (MPI), di Slipi, Jakarta, Sabtu (27/03/2021).

 “Anggota DPR Muhammad Nasir harus menjelaskan, PT apa di Bekasi, yang beliau datangi, apalagi kalau bon fakturnya dari PT Krakatau Steel. Kok, PT itu bisa tahu,  itu baja dari China," tandas Natalis Situmorang.

Natalis selaku Sekretaris Dewan Pakar, DPN MPI mengatakan, Anggota DPR  Muhammad Nasir harus bisa mempertanggungjawabkan tudingannya sehingga tidak menjadi fitnah.

"Hal ini penting supaya jangan menjadi fitnah. Apalagi ini masih ditangani Polda Metro Jaya seperti yang disampaikannya. Jangan sampai ini menjadi bola liar yang bisa menekan aparat, karena disampaikan oleh pejabat negara terhormat," ujar Natalis.

 Sementara itu, salah salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil dan  Menengah (UMKM) yang selama ini  sering membeli produk  PT KS, Awara, membantah  tudingan yang ditujukan terhadap PT KS terkait adanya penyelundupan baja dari China. 

Awara mengaku, selama ini Direktur Utama (Dirut) PT KS Silmy Karim sangat professional dan dekat dengan para pelaku UMKM  di Cilegon.

Setelah Dirut dipegang Dirut Silmy Karim, kata Awara, PT KS  sudah mengalami banyak perubahan diantaranya PT KS semakin maju.

"Terbukti nih, saya sebagai UMKM yang merambah untuk pembelian produk prime (produk utama) di PT KS saat ini untuk membeli mesti ngantri. Berbeda ketika PT KS sebelum dipimpin oleh Silmy yang produknya ada terus tapi sepi peminat dan sulit dijual," ujar Awara.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT