Telkom Solution, Strategi Layanan yang Fokus pada Segmen B2B

Selasa 11 Mar 2025, 17:21 WIB
Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana saat acara silaturahmi bersama beberapa pemimpin redaksi media di Jakarta, Jumat, 7 Maret 2025. (Sumber: Dok. Telkom)

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana saat acara silaturahmi bersama beberapa pemimpin redaksi media di Jakarta, Jumat, 7 Maret 2025. (Sumber: Dok. Telkom)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebagai katalisator transformasi digital di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus menunjukkan perannya dalam menghadirkan solusi dan layanan digital inovatif yang mendukung berbagai sektor bisnis di Indonesia. Lewat ekosistem digital yang terintegrasi, Telkom berupaya mendorong efisiensi, produktivitas, serta daya saing bisnis.

Direktur utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan bahwa ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

“Kontribusi ekonomi digital terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan mencapai delapan kali lipat,” kata Ririek pada acara silaturahmi bersama beberapa pemimpin redaksi media di Jakarta, 7 Maret 2025.

Telkom turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional lewat percepatan transformasi digital di berbagai sektor industri. Telkom memperkuat langkah strategisnya dengan menghadirkan Telkom Solution sebagai brand utama dalam penyediaan solusi digital terintegrasi bagi pasar Business-to-Business (B2B).

Baca Juga: Telkom Akselerasi Transformasi Guna Perkuat Ekosistem Digital Nasional dan Dukung Terwujudnya Asta Cita

Telkom Solution mendukung berbagai sektor, mencakup instansi pemerintah, BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta dalam memanfaatkan teknologi digital secara lebih efektif dan terintegrasi guna meningkatkan daya saing dan performansi bisnis.

Selaras, Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana menegaskan Telkom Solution dapat mengakselerasi transformasi digital di berbagai sektor bisnis dengan mengintegrasikan solusi digital connectivity, digital platform, dan digital services. Adapun brand ini berperan sebagai mitra strategis yang membantu perusahaan untuk mengoptimalkan performansi, menciptakan nilai tambah, dan meningkatkan pengalaman pelanggan terbaik.

“Sebagai bagian dari komitmen Telkom dalam menyediakan solusi digital yang inovatif, Telkom Solution saat ini berfokus pada tiga solusi unggulan, yaitu Connectivity++, Cyber Security, serta Artificial Intelligence (AI) untuk segmen enterprise business,” ujar Venusiana.

Bisnis B2B Telkom akan berfokus untuk mendominasi pasar di perusahaan-perusahaan swasta, dikarenakan potensi yang masih terbuka lebar, antara lain segmen konglomerasi, perbankan, retailer, dan manufaktur.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Saing BPD, Telkom Hadirkan Solusi Digital

Menurut Venusiana, Telkom Solution memiliki posisi berbeda dengan Indibiz. Indibiz difokuskan untuk melayani sektor usaha kecil menengah (UKM) melalui paket solusi yang terstandarisasi, sedangkan Telkom Solution hadir untuk melayani segmen enterprise business melalui solusi horizontal dan vertikal yang terintegrasi.

Dengan kehadiran Telkom Solution dan Indibiz diharapkan semakin memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Berita Terkait

News Update