Aduh! Saldo Dana Bansos BPNT Batal Cair Gegara Gagal Cek Rekening, Simak Penyebab Uang Bantuan Sosial Tak Kunjung Masuk KKS 

Sabtu 21 Sep 2024, 22:00 WIB
Bansos BPNT periode September-Oktober 2024 kini memasuki tahap verifikasi rekening. (Canva/Fani Ferdiansyah)

Bansos BPNT periode September-Oktober 2024 kini memasuki tahap verifikasi rekening. (Canva/Fani Ferdiansyah)

POSKOTA.CO.ID - Proses verifikasi rekening untuk bansos program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) periode September-Oktober 2024 telah dimulai.

Dikutip dari kanal YouTube Diary Bansos, update bantuan sosial (Bansos) tersebut dapat diketahui dari update di akun SIKS NG supervisor dinas sosial kabupaten/kota.

Verifikasi ini diperlukan guna memastikan bahwa rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak mengalami kendala, sehingga pencairan bantuan dapat dilakukan secara tepat waktu dan sesuai sasaran.

Verifikasi rekening diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 14 hari. Selama periode tersebut, ada dua kemungkinan hasil yang muncul, yaitu:

1. Berhasil Cek Rekening

Jika proses verifikasi berhasil, pencairan bantuan akan berlanjut ke tahapan berikutnya, seperti penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM), Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), hingga Standing Instructions (SI). 

Jika telah SI, saldo dana BPNT dapat segera disalurkan ke rekening KPM.

2. Gagal Cek Rekening

Sebaliknya, kegagalan dalam cek rekening sering kali terjadi karena adanya perubahan identitas KPM, baik yang terdaftar di Dukcapil maupun data perbankan. 

Beberapa penyebab umum gagalnya cek rekening antara lain:

Kartu KKS Rusak atau Hilang

KPM yang mengalami kerusakan atau kehilangan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) harus membuat kartu baru. 

Proses pembuatan kartu baru ini sering kali menyebabkan ketidaksesuaian data antara bank penyalur dan data di Kementerian Sosial.

Perubahan Identitas KPM

Ketidaksesuaian identitas dapat terjadi jika ada perubahan data pribadi KPM di Dukcapil atau di sistem perbankan. 

Misalnya, perubahan nama atau alamat yang belum terupdate secara menyeluruh bisa menjadi penyebab gagal dalam proses verifikasi.

Solusi Bagi KPM Bansos BPNT

Dalam situasi ini, KPM diharapkan segera menghubungi pendamping sosial di wilayah masing-masing untuk menyelesaikan kendala yang muncul. 

Pendamping dapat membantu mempercepat proses pembaruan data dan pengajuan kartu baru jika diperlukan.

Untuk mencegah masalah dalam proses verifikasi rekening, KPM dianjurkan untuk memeriksa kondisi kartu KKS dan memastikan data identitas yang terdaftar di Dukcapil serta perbankan sudah sesuai.

Dengan begitu, proses pencairan bantuan BPNT dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari. 

Berita Terkait

News Update