Cara menghadapi pesan DC Pinjol (Pinterest)

EKONOMI

Jangan Panik! Ini Cara Menghadapi Pesan DC Pinjol saat Galbay, Aman Tanpa Teror!

Kamis 19 Sep 2024, 14:10 WIB

POSKOTA.CO.ID - Anda tidak perlu panik ketika debt collector (DC) pinjaman online (pinjol) menagih lewat pesan WhatsApp (WA) atau SMS sewaktu gagal bayar (galbay) atau telat bayar. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian DC pinjol akan menagih utang nasabah galbay dengan cara mengirimkan pesan ke nomor hp sehingga tidak perlu datang ke rumah atau tempat kerja. 

 Hal itu tentu mampu menganggu pikiran hingga aktivitas sehari-hari. Beberapa di antaranya bahkan terpaksa meminjam uang ke jasa pinjol atau pihak lainnya untuk melunaskan utang tersebut. 

Namun pada dasarnya ada beberapa cara aman yang dapat digunakan untuk menghadapi pesan dari DC pinjol sehingga Anda pun bisa bebas dari teror atau spam penagihan.

Mengutip kanal YouTube SEKILAS PINJOL,  berikut cara mudah menghadapi pesan DC pinjol saat galbay, dijamin aman bahkan tanpa tero. 

Cara Menghadapi Pesan DC Pinjol

1. Ganti Nomor Hp 

Cara pertama yang dapat dilakukan nasabah galbay saat mendapatkan pesan penagihan terutama berupa spam, maka langkah paling efektifnya adalah mengganti nomor hp. 

“Paling efektf adalah menghentikan terornya dengan kalian mengganti nomor hp. Intinya kalian putus hubungan denga DC pinjol,” kata pemilik kanal YouTube SEKILAS Pinjol, dikutip pada Kamis, 19 September 2024. 

2. Tenang dan Hindari Panik 

Banyak nasabah galbay yang mendadak panik ketika DC pinjol menagih utang meski melalui pesan singkat di WA, SMS, atau media sosial lainnya. Kunci utama menghadapinya adalah tenang sehingga tidak terbawa emosi. 

“Tetap tenang dan hindari panik. Jangan terbawa emosi oleh ancaman atau intimidasi. Ingat ya bahwa kalian itu memiliki hak dan perlindungan sesuai aturan yang berlaku,” lanjut dia. 

Tetapi apabila tidak pernah meminjam uang namun tiba-tiba ditagih oleh DC suatu pinjol, silakan laporkan kontak tersebut ke pihak bewenang karena talah dinilai mengganggu

3. Minta Bukti Tagihan ke DC

Setiap nasabah berhak mengetahui jumlah tagihan, bunga, hingga jatuh tempo. Apabila pihak DC tidak bisa memberikan bukti dengan jelas maka Anda bisa balas pesan berupa penolakan pembayaran. 

“Jika mereka tidak dapat memberikan bukti yang jelas, kalian tuh bisa menolak pembayaran atau berkomunikasi lebih lanjut minta identitas DC atau perusahaan yang mereka wakili,” jelasnya lagi. 

4. Jelaskan Kondisi Finansial dengan Jujur

Bukan tanpa sebab suatu nasabah melakukan galbay, salah satu faktornya adalah karena keuangan belum mencukupi melakukan pembayaran utang dengan tepat waktu. 

Maka itu penting bagi Anda untuk menjelaskan kondisi finansial kepada DC dengan sejujurnya bahwa memang tidak mampu membayarnya. 

“Sampaikan hal ini (kejujuran) kepada DC atau dektor kalau kalian pengin ajukan keringanannya silakan atau restorisasi juga enggak apa-apa atur aja sesuai kemampuan kalian,” kata dia. 

Jika kedua belah pihak setuju dengan kerianganan yang diajukan maka dapat membuat kesepakatan tertulis.

5. Memahami Hak Perlindungan Konsumen

Selaku pengguna pinjol, maka Anda dapat menggunakan hak dan perlindungan konsumen ketika penagihan dilakukan dengan cara mengganggu sebagaimana yang tertulis pada peraturan OJK Nomor 18/ POJK.01/ 2018. 

“Kalian searching aja, Gogle aja, nah screenshot aja kalimat itu (peraturan) lalu kirim ke DC-nya. Nah karena di peraturan ini menekankan bahwa penagihan utang harus dilakukan dengan cara yang sopan dan tidak merugikan,” jelasnya. 

Demikian informasi yang dapat Anda simak terkait cara menghadapi pesan DC pinjol saat galbay. 

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari. 

Tags:
pinjoldc pinjolGalbaydebt collectordc

Rivera Jesica Souisa

Reporter

Rivera Jesica Souisa

Editor