ADVERTISEMENT

Desain Sederhana Ferrari Singkirkan Red Bull di F1 GP Australia

Rabu, 27 Maret 2024 15:30 WIB

Share
Desain Sederhana Ferrari Singkirkan Red Bull di F1 GP Australia (Foto: Pinterest)
Desain Sederhana Ferrari Singkirkan Red Bull di F1 GP Australia (Foto: Pinterest)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. Ferrari meraih kemenangan langka atas Red Bull di F1 GP Australia. Meskipun itu disebabkan oleh banyak faktor di luar tim, hal ini bertepatan dengan inovasi desain baru.

Ferrari memperkenalkan solusi baru namun sederhana di Melbourne, karena sebuah winglet dipasang di kedua sisi lingkar knalpot yang melengkung dan pilar sayap belakang yang melekat pada SF-24.

Sangat menarik bahwa kami belum pernah melihat siapa pun menempatkan winglet di sini sebelumnya, mengingat hal ini jelas diperbolehkan dalam wilayah kotak tersebut terutama karena desainer Formula 1 memiliki kecenderungan untuk menempatkan permukaan aerodinamis sedapat mungkin, dengan perangkat seperti sayap-T yang menjadi buktinya.

 


Meskipun ini adalah pertama kalinya winglet itu terlihat di sini, sekarang mungkin akan menjadi sesuatu yang akan ditambahkan oleh tim lain ke dalam persenjataan mereka selama musim baru, dengan winglet pylon ini diharapkan dapat membantu mengalihkan sebagian panas yang dibuang dari outlet penutup mesin dan meningkatkan aliran ke bagian hilir, ke sayap balok.

Khususnya, Ferrari juga beralih ke konfigurasi sayap balok elemen tunggal untuk kualifikasi dan balapan, setelah sebelumnya menyiapkan SF-24 dengan pengaturan gaya dua pesawat.

Tim jelas merasa bahwa konfigurasi downforce yang lebih rendah ini lebih sesuai dengan tuntutan sirkuit Albert Park, setelah menguji coba solusi lainnya di sesi Latihan Bebas, Jumat.

Sayap belakang tetap menggunakan konfigurasi yang sama dengan yang digunakan selama dua balapan pertama, dengan konfigurasi downforce lebih rendah yang dibawa ke Arab Saudi masih belum digunakan dan masih dirahasiakan.

 


Aston Martin memperkenalkan konfigurasi sayap depan baru di Australia, dengan distribusi putaran bentang dua sayap atas yang diubah untuk meningkatkan kinerja sayap dan juga mobil secara keseluruhan.

Sebagai konsekuensi dari perubahan profil sayap, tim juga telah menghilangkan salah satu braket penyangga logam di bagian tengah bagian bawah kedua sayap tersebut.

Sauber juga memperkenalkan sayap depan baru di Australia meskipun ini lebih merupakan perombakan besar-besaran, karena mereka beralih ke flap semi-terpisah dan sambungan endplate yang telah dilihat digunakan oleh Mercedes sejak awal fase regulasi ini.

 


Tujuan dari desain ini, dan pada kenyataannya solusi prekursif Sauber, adalah untuk meningkatkan jumlah outwash yang dihasilkan oleh bagian tempel sayap sambil tetap memiliki kapasitas yang diinginkan untuk menghasilkan downforce yang dibutuhkan oleh sayap depan.

Ini berarti Sauber telah menciptakan bagian flap yang terpisah untuk dua elemen atas, dengan spar penghubung endplate, juga memiringkannya ke arah luar bersamaan dengan pembentukan kembali endplate. Ada juga perubahan pada bentuk flap di sepanjang bentangnya.

Seperti yang telah kita lihat dari tim lain yang telah memilih solusi ini, Sauber juga menggantungkan dua winglet dari endplate di atas flap semi-terpisah, yang tidak hanya akan menimbulkan vortisitas mereka sendiri tetapi juga bekerja bersama dengan yang diciptakan oleh permukaan lain di wilayah itu.

Sayangnya, bagi Zhou Guanyu, kerusakan pada sayap depannya saat kualifikasi membuat ia harus memulai balapan dari pit lane, karena tim tidak memiliki suku cadang untuk konfigurasi baru ini.

 


Red Bull tidak memiliki komponen baru di Grand Prix Australia, tetapi bukan berarti pekerjaan tidak berjalan dengan cepat.

Pada tahap awal FP1, tim memasang beberapa kamera tambahan pada mobil Max Verstappen dan menempatkan penanda pada panel deflektor roda depan bagian atas untuk mempelajari seberapa besar kelenturannya.

Tiga pod kamera ditambahkan ke RB20 agar tim dapat menangkap rekaman yang mereka inginkan, dengan monopod di kedua sidepod dan satu lagi di pangkal hidung yang menampung dua kamera yang melihat ke samping (panah merah).

Stiker target melingkar ditambahkan ke bagian bawah deflektor untuk memberikan titik referensi yang jelas ketika rekaman ditinjau. Target tambahan ditambahkan ke deflektor di bagian atas dengan menggunakan ekstensi yang ditambahkan tim ke permukaan untuk meningkatkan garis pandang kamera (panah biru).

Tiga seri bergulir musim ini, muncul banyak sekali konfigurasi sayap belakang di VCARB 01 milik RB. Sebagai satu-satunya tim yang menggunakan pendekatan ini, jelas bahwa tim ini ingin membangun repertoar yang luas di awal musim untuk menyesuaikan mobil dengan kebutuhan spesifik setiap sirkuit.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT