ADVERTISEMENT

Pembalap Red Bull Sergio Perez Dihukum Turun 3 Grid dalam Kualifikasi F1 GP Australia

Minggu, 24 Maret 2024 15:00 WIB

Share
Pembalap Red Bull Sergio Perez Dihukum Turun 3 Grid dalam Kualifikasi F1 GP Australia (Foto: Pinterest)
Pembalap Red Bull Sergio Perez Dihukum Turun 3 Grid dalam Kualifikasi F1 GP Australia (Foto: Pinterest)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. Pembalap Red Bull, Sergio Perez, dijatuhi hukuman turun tiga grid karena menghalangi Nico Hulkenberg dalam kualifikasi F1 GP Australia.

Perez sedang berada di lap pemanasan untuk putaran Q1 pertamanya ketika Hulkenberg yang sedang melaju kencang menabraknya di tengah-tengah racing line Tikungan 13, tikungan kiri Albert Park yang lambat.

Pembalap Meksiko ini baru diberitahu oleh teknisi balapnya bahwa pembalap Haas tersebut berada di belakangnya, dan ia hanya fokus untuk mempersiapkan flying lap. 

 

 


Checo dipanggil oleh para Steward setelah kualifikasi, di mana ia menempati posisi ketiga di belakang rekan setimnya di Red Bull, Max Verstappen, dan Carlos Sainz dari Ferrari.

Steward memberinya penurunan tiga tempat, sehingga ia akan memulai dari posisi keenam.

"Hulkenberg sedang berada di putaran yang cepat ketika mendekati tikungan ke-13," demikian keputusan mereka.

 



"Perez, yang sedang berada di putaran terakhir berada di puncak tikungan dan Hulkenberg harus keluar dari racing line untuk melewatinya. Hulkenberg terpaksa mengangkat gas lebih awal dan mengerem lebih awal di tikungan tersebut.

"Saat meninjau audio dari mobil Perez, Stewards mengamati bahwa tim fokus pada mobil di depan Perez yang baru saja melambat, dan tidak memberikan peringatan kepada Perez bahwa Hulkenberg ada di belakangnya hingga satu detik sebelum Hulkenberg tiba, dan secara signifikan terlambat untuk menghindari halangan dari Hulkenberg.

"Sementara Stewards menghargai situasi dinamis yang dihadapi tim dan pembalap selama sesi Q1, yang dijelaskan dalam sidang, Stewards menemukan bahwa Perez ‘Menghalangi Hulkenberg secara tidak perlu’ dan memberikan hukuman turun tiga grid, konsisten dengan kasus-kasus sebelumnya."

 



Hulkenberg merasa insiden tersebut merugikannya beberapa persepuluh karena ia gagal keluar dari Q1.

"Mungkin, karena putaran itu saya pikir adalah putaran pertama saya yang mencatatkan waktu 1 menit 17,9 detik, dan itu membuat saya kehilangan beberapa persepuluh detik," ujarnya setelah berada di posisi ke-16, dua tempat di belakang rekan setimnya, Kevin Magnussen.

 



"Saya rasa ia sedang tidur siang di Meksiko. Dia tidak melihat ke cermin.

"Kecepatan penutupan di Tikungan 12, sangat cepat sekarang dan jika Anda tidak cukup memperhatikan, itu terjadi dengan sangat mudah dan cepat. Namun, tentu saja, hal itu tidak boleh terjadi."

Lando Norris dari McLaren sekarang akan berada di urutan ketiga di grid, sementara Charles Leclerc dari Ferrari dan rekan setim Norris, Oscar Piastri, juga akan naik satu posisi.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT