ADVERTISEMENT

Hasil Kualifikasi F1 GP Australia, Verstappen Raih Pole Position 3 Kali Beruntun

Sabtu, 23 Maret 2024 16:00 WIB

Share
Hasil Kualifikasi F1 GP Australia, Verstappen Raih Pole Position 3 Kali Beruntun (Foto: Pinterest)
Hasil Kualifikasi F1 GP Australia, Verstappen Raih Pole Position 3 Kali Beruntun (Foto: Pinterest)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com.  Max Verstappen yang kurang terlihat selama latihan bebas, akhirnya menggebrak di kualifikasi F1 GP Australia, Sabtu (23/3/2024). Pembalap Red Bull itu merebut pole position dari Carlos Sainz setelah membukukan 1:15,915 di putaran terakhir Q3.

Sejauh ini, Verstappen belum pernah memimpin satu sesi pun sepanjang akhir pekan. Namun, ia berhasil meningkatkan kecepatannya di sepanjang sesi kualifikasi dan mendapatkan keunggulan seperempat detik di akhir balapan untuk menggagalkan peluang Ferrari meraih pole.

Sainz menjadi yang tercepat di Q1 dan Q2 dan tampaknya berpeluang merebut grid terdepan saat kembali ke F1, setelah absen di Arab Saudi, karena radang usus buntu. Ia mendapat tantangan yang jauh lebih besar dari Verstappen dalam perebutan posisi 10 besar.

 



Pada putaran awal, sang juara bertahan F1 menciptakan 1:16,048 yang tidak dapat didekati oleh pembalap Ferrari lainnya, dan mengikutinya dengan catatan waktu 1:15,915 detik yang mengesankan untuk menetapkan tolok ukur yang tinggi.

Meskipun Sainz berhasil mengungguli Verstappen di sektor pembuka, ia tidak dapat memanfaatkan kecepatan Ferrari di sektor terakhir dan harus puas di posisi kedua pada Minggu.

Sergio Perez bertengger di posisi ketiga, kurang dari 0,05 detik dari Lando Norris saat pembalap Inggris itu berusaha menunjukkan dominasinya atas rekan setimnya, Oscar Piastri. Pilot Australia itu tampil impresif sejauh ini dalam sesi balapan di kandangnya.

 



McLaren dipecah oleh Charles Leclerc, yang meluncur keluar dari Tikungan 12 dan meninggalkan lap terakhirnya di sesi ini untuk memastikan posisi kelima di grid - mengakhiri rentetan start di barisan depan.

George Russell adalah satu-satunya pembalap Mercedes di Q3 dan menempati P7 di grid, di depan Yuki Tsunoda. Lance Stroll hanya melakukan satu kali putaran dan mengakhiri sesi di urutan kesembilan tercepat, meskipun sempat mengalami oversteer di Tikungan 10, di depan rekan setimnya di Aston Martin, Fernando Alonso.

Alonso gagal melakukan putaran pertamanya di sesi ini setelah melompati gravel di Tikungan 6, dan tidak dapat menemukan kecepatan di lap terakhirnya. Stroll telah membuat Lewis Hamilton tersingkir dari Q2 karena pembalap Mercedes tersebut gagal menemukan peningkatan yang cukup pada putaran terakhir kualifikasi.

 


Tsunoda mampu mengacak-acak Stroll di bawah garis dengan putaran terakhir Q2 yang kuat di bawah tekanan, namun Stroll merespons dengan upaya terakhirnya untuk merebut kembali posisi 10 besar dengan mengorbankan Hamilton.

Alex Albon, yang secara kontroversial diberikan mobil Logan Sargeant untuk sisa akhir pekan setelah menabrak mobilnya sendiri di FP1, berada di urutan ke-12 setelah gagal keluar dari posisi lima besar setelah putaran terakhirnya di sesi tersebut.

Hal ini tetap membuat pembalap Williams tersebut berada di depan Valtteri Bottas, yang menempati urutan ke-13 di depan Kevin Magnussen.

Esteban Ocon selamat dari tabrakan di awal Q1 di Tikungan 14 untuk melanjutkan ke babak kualifikasi, namun ia hanya mampu menempati P15, terpaut 0,3 detik dari catatan waktu Magnussen.

Daniel Ricciardo harus tersingkir di Q1 setelah kehilangan lap terbaiknya di sesi tersebut akibat pelanggaran batas lintasan di Tikungan 5, yang membuat Magnussen tampil di Q2 untuk menghindarkan Haas dari kekalahan.

 



Pilot Australia ini sempat berada di urutan ke-12 dengan upaya terakhirnya pada fase pembukaan kualifikasi, namun penghapusan waktunya membuatnya harus pulang lebih awal setelah turun ke P18.

Kevin Magnussen dan Nico Hulkenberg sama-sama turun ke posisi empat terbawah - zona eliminasi yang hanya terdiri dari empat mobil karena Sargeant tidak berpartisipasi di sisa akhir pekan ini - namun pembalap Denmark itu terhindar dari eliminasi setelah Ricciardo terjatuh.

Hulkenberg masuk ke zona eliminasi dalam sesi yang penuh dengan kesulitan, karena ia disalip oleh Sergio Perez dalam beberapa putaran sebelumnya, dan hanya mampu menempati posisi ke-16 di depan Pierre Gasly.

Pembalap asal Prancis ini sedang diselidiki karena melewati garis keluar pit terlalu cepat, begitu juga dengan Perez yang menghalangi Hulkenberg. Zhou Guanyu menopang urutan setelah sayap depannya terlihat kehilangan elemen-elemennya, yang membuatnya tidak dapat melanjutkan dari bagian pertama kualifikasi.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT