ADVERTISEMENT

Bautista Raih Juara Race 2 WSBK Catalunya Perdana di 2024

Senin, 25 Maret 2024 13:30 WIB

Share
Bautista Raih Juara Race 2 WSBK Catalunya Perdana di 2024 (Foto: Pinterest)
Bautista Raih Juara Race 2 WSBK Catalunya Perdana di 2024 (Foto: Pinterest)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. Alvaro Bautista memenangi Race 2 WSBK Catalunya, sedangkan Andrea Iannone crash dan Toprak Razgatlioglu kembali naik podium.

Pembalap Aruba.it Ducati, Alvaro Bautista, memenangi balapan utama kedua di Kejuaraan Dunia Superbike di Barcelona (Spanyol). Sang juara bertahan akhirnya meraih kemenangan pertamanya musim ini di Sirkuit Barcelona, Minggu (24/3/2024). Podium dilengkapi oleh rekan setimnya Nicolo Bulega dan pembalap BMW, Toprak Razgatlioglu.

Pemenang Sprint Race memulai balapan pamungkas dari posisi terdepan, bersama Andrea Iannone (GoEleven-Ducati) dan Bautista. Seperti pada Race 1, Toprak Razgatlioglu menggunakan ban depan SC2. Pembalap papan atas lainnya mengandalkan kompon ban depan SC1 yang lebih lembut. Untuk ban belakang, para pembalap sepakat memasang SCX.

 



Razgatlioglu yang memulai sebagai pole sitter, tapi memasuki tikungan pertama berada di posisi keempat. Tiga Ducati memimpin balapan: Alvaro Bautista, Andrea Iannone dan Nicolo Bulega.

Di Tikungan 4, Michael Rinaldi (Motocorsa-Ducati), Axel Bassani (Kawasaki) dan Andrea Locatelli (Yamaha) terlibat insiden. Rinaldi dan Bassani sudah pernah bertabrakan tahun lalu. Kedua pembalap Italia itu DNF. Sebaliknya, Locatelli bisa melanjutkan balapan.

Di awal lap kedua, Bulega kehilangan posisi dan melorot ke posisi keempat. Alvaro Bautista memimpin di depan, Toprak Razgatlioglu naik ke P2 di depan Iannone.

 

 



Iker Lecuona (Honda) dan Bradley Ray (Motoxracing-Yamaha) bertabrakan di tikungan 1. Bendera kuning dikibarkan di sektor pertama. Hanya 19 dari 23 pembalap yang masih mengaspal setelah tiga lap.

Pada lap keempat, Bulega meningkatkan kecepatan. Setelah melewati Toprak Razgatlioglu, juara WSSP 2023 itu menyerang rekan setimnya di Tikungan 10 dan sempat melaju di depan. Namun, Bautista membalas.

Satu lap kemudian, debutan Aruba.it WSBK tersebut berhasil menyalip Bautista dan sedikit menjauh. Hanya dalam beberapa tikungan, Bulega berhasil meraih keunggulan 0,1 detik. Razgatlioglu juga membuat Bautista berada di bawah tekanan.

Jonathan Rea (Yamaha) memulai balapan dengan jauh lebih baik daripada saat dua sesi sebelumnya. Rea berada di posisi ketujuh dan memimpin rombongan pengejar yang terdiri dari sembilan pembalap. Namun, ia mengalami banyak masalah di lintasan lurus dan terus kehilangan posisi.

 

 



Sesaat sebelum pertengahan balapan, juara WSBK dua kali berhasil menyusul Bulega. Dengan sebuah manuver di Tikungan 1, Bautista berhasil melewati sang rookie. Razgatlioglu kesulitan membuntuti kedua Ducati pabrikan dan tidak lagi berada dalam jarak yang mencolok. Iannone juga harus mengalah.

Bautista menetapkan kecepatan tinggi dan Bulega mencoba mengikuti rekan setimnya. Rider Turki menahan diri dan kehilangan beberapa persepuluh detik dari lap ke lap. Iannone crash di Tikungan 10. Ini berarti Razgatlioglu mengamankan posisi ketiga.

Bulega terus menguntit Bautista. Catatan waktu lapnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan balapan pertama pada Sabtu. Pertanyaan besarnya adalah apakah ban akan bertahan dalam kecepatan tinggi atau apakah akan ada penurunan besar di fase akhir.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT