ADVERTISEMENT

Alasan Tim Williams F1 Bakal Mengalami Musim yang Lebih Baik Tahun Ini 

Senin, 22 Januari 2024 13:50 WIB

Share
Tim F1 Williams. (Foto : Motorsport.com)
Tim F1 Williams. (Foto : Motorsport.com)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. Tim Formula 1 Williams mengambil langkah pertama dalam perjalanan panjang menuju pemulihan dengan kedatangan James Vowles pada tahun 2023, yang telah mengembalikan pemikiran jangka panjang ke dalam skuat Grove.

Dengan investasi dan komitmen dari pemilik Dorilton, bos tim yang baru, Vowles, telah didukung untuk membuat perubahan besar dalam upaya mengembalikan pemenang tujuh gelar pembalap dan sembilan gelar konstruktor ini ke masa kejayaannya.

Williams telah menderita karena kurangnya investasi selama bertahun-tahun yang secara bertahap mengubahnya dari tolok ukur menjadi penunjuk jalan.

 



Namun, alih-alih mengerahkan seluruh upayanya untuk bertahan satu tahun lagi, dorongan baru di bawah batasan anggaran F1 berarti Vowles dan rekrutan kuncinya baru-baru ini, Pat Fry, sebagai CTO, sekarang dapat sepenuhnya memetakan di mana fasilitas Grove Williams dan stafnya harus berada dalam waktu lima tahun ke depan, serta meletakkan semua langkah peralihan untuk mencapainya.

Meskipun Williams dengan tampilan baru dari Vowles tidak dibangun dalam satu hari, dan tim ini tidak mungkin melakukan lompatan besar hingga regulasi tahun 2026 diatur ulang, Fry merasa bahwa tim ini harus mengembangkan "pola pikir pemenang".

Pergeseran pola pikir dan pemikiran strategis yang dibawa Vowles dari Mercedes telah membuat perbedaan menurut Kepala Kinerja Kendaraan Dave Robson, dan pergeseran dari "pemadaman kebakaran jangka pendek" seperti yang disebut Vowles.

"Ada banyak hal yang telah dibuka oleh James," kata Robson kepada Autosport.

 



"Saya pikir mungkin salah satu hal terbesar adalah untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama kami tidak hanya fokus pada hari ini dan besok, jadi Anda bisa memiliki pandangan yang lebih jangka panjang atau jangka menengah tentang berbagai hal.

"Hal ini sangat berbeda dengan apa yang telah terjadi sejak 2014-2015. Ini bukan lagi dari tangan ke tangan, jadi hal itu sangat berubah."

Robson mengatakan bahwa mandat yang kuat dari para pemilik Vowles telah menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan penerapan budaya perusahaan yang lebih sehat.

"Seluruh filosofi tentang bagaimana kami melakukan R&D, apa tujuan sebenarnya, menjadi sangat berbeda," jelas Robson.

"Selain itu, ia juga mampu masuk dan melihat dengan tepat di mana letak kelemahannya.
"Dengan adanya pengalaman dan otoritas seperti itu, berarti tidak banyak diskusi yang harus dilakukan, investasi harus dilakukan, dan investor siap untuk melakukan investasi tersebut. Dan sekarang kami memiliki rasa percaya diri yang jelas tentang di mana kami harus berada.

"Padahal sebelumnya, bahkan jika uangnya tersedia, kami harus melakukan semua pekerjaan untuk memahami mengapa itu adalah tempat yang tepat untuk berinvestasi. Jadi itu membuat perbedaan besar.


"Seluruh cara memimpinnya sangat berbeda. Saya pikir mungkin butuh sedikit waktu bagi semua orang untuk bisa menerima hal itu, namun sekarang semua orang sudah memahami cara kerjanya. Hal ini benar-benar cukup menyegarkan.

 



"Ini benar-benar tentang bersikap terbuka dan jujur, dan semua orang memahami bahwa kesalahan tidak masalah selama kita belajar darinya, yang sekali lagi berbeda dengan sebelumnya. Tidak ada daftar lima hal yang sangat berdampak. Hanya saja, cara dia mengoperasikan tim menjadi berbeda dan lebih baik."

Dengan kesepakatan mesin Mercedes yang baru hingga tahun 2030, apa yang sekarang menjadi kunci bagi kekayaan jangka panjang Williams adalah investasi yang signifikan ke dalam infrastruktur yang sudah ketinggalan zaman.

Namun di samping fokus jangka panjang tersebut, Robson merasa perubahan taktik ini telah membuahkan hasil selama pengembangan mobil 2024 yang akan membuat Alex Albon dan Logan Sargeant lebih kompetitif di sirkuit yang lebih luas.

 



"Ketika kami masuk ke pengembangan mobil tahun depan, FW46, kami dapat melihat bahwa sikap baru itu mulai menyebar ke seluruh perusahaan," tambahnya.

"Di lintasan, kami melihat lebih banyak James setiap hari daripada di pabrik. Kami mungkin beradaptasi dengan cukup cepat, tetapi saya pikir sekarang selama beberapa bulan terakhir Anda benar-benar dapat melihat bahwa hal itu telah berpengaruh di mana-mana.

"Mungkin masih butuh satu atau dua tahun lagi untuk bisa sepenuhnya terwujud dalam performa, tapi Anda bisa merasakan perubahannya sekarang."

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT