ADVERTISEMENT

McLaren Ungkap Desain Terbaru Mobil F1 2024 MCL38

Kamis, 18 Januari 2024 07:15 WIB

Share
Daniel Ricciardo. (twitter McLarenF1)
Daniel Ricciardo. (twitter McLarenF1)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. McLaren telah mengungkapkan corak yang akan digunakan pada musim Formula 1 2024 untuk mobil yang akan disebut MCL38.

Tim yang berbasis di Woking ini telah melakukan perubahan pada proses peluncuran musim barunya untuk 2024, seperti tahun-tahun sebelumnya, tim ini telah mengungkapkan corak dan spesifikasi peluncuran desain barunya secara bersamaan.

Kali ini, McLaren telah memilih untuk memamerkan skema warna yang telah diubah dalam upaya untuk meningkatkan potensi pemasarannya pada saat berita peluncuran mobil baru relatif sepi dalam beberapa musim terakhir, sementara bulan Februari telah dipadatkan dengan peluncuran tim. 

 



Corak MCL38 secara garis besar mirip dengan tampilan yang telah dijalankan McLaren sejak mereka mengambil sebagian besar skema warna awal dari MCL36 tahun 2022 untuk menghemat bobot.

Namun dibandingkan dengan mobil MCL60 yang mencetak sembilan podium pada tahun 2023, corak baru ini menampilkan lebih banyak warna oranye di sayap depan dan di bagian belakang penutup mesin, dengan garis miring geometris yang beralih ke sidepods hitam yang lebih jauh ke depan yang diambil dari corak khusus yang digunakan McLaren di balapan Singapura dan Jepang tahun lalu.

Sentuhan biru muda yang telah ditampilkan pada dua mobil terakhir McLaren telah dihapus untuk tahun 2024, dengan tim memilih warna biru yang lebih gelap lebih seperti yang digunakan pada tahun-tahun sebelumnya hingga 2022, semata-mata di sekitar stiker sponsor DP World.

Sebuah anggukan kembali ke liveries sementara McLaren pada tahun 2023 - dan tampilan mobilnya yang sudah lama ada sejak pertengahan tahun 2000-an hingga pertengahan tahun 2010-an - dapat dilihat pada stiker nomor pembalap krom yang akan digunakan pada hidung dan penutup mesin mobil tim tahun 2024.

Desain spesifikasi peluncuran MCL38 akan diumumkan oleh McLaren pada tanggal 14 Februari, dengan moniker mobil yang mengembalikan sistem penomoran yang digunakan sebelum MCL60 tahun 2023 dinamai untuk merayakan ulang tahun ke-60 berdirinya tim, tetapi tidak menggunakan MCL37 yang tidak digunakan.

 



CEO McLaren Racing, Zak Brown, mengatakan bahwa timnya "sangat senang untuk meluncurkan corak Formula 1 2024 menjelang musim baru - desainnya terlihat luar biasa, dan saya tidak sabar untuk membalap dan melihatnya di lintasan bulan depan".

Berbicara kepada beberapa media, termasuk Autosport, menjelang peluncuran corak mobil, Brown juga menguraikan pendapatnya tentang tahun depan untuk McLaren, serta mengapa perubahan pada skema warna dilakukan.

"Saya merasa percaya diri," kata Brown. "Saya pikir semua orang di McLaren telah melakukan pekerjaan yang fantastis di luar musim.

"Tentu saja, ini akan menjadi pengembangan yang berkelanjutan, jadi kami belum selesai. Kami baru saja selesai dengan mobil spesifikasi peluncuran kami, namun kami berharap akan ada peningkatan yang berkelanjutan sepanjang tahun ini.

"Saya pikir mobil ini terlihat spektakuler. Ini adalah tanggapan atas umpan balik yang kami dapatkan dari para penggemar kami.

"Jelas, pepaya sangat penting bagi kami, jadi kami ingin memastikan bahwa kami sangat khas, bahwa ketika Anda melihat mobil kami, Anda tahu bahwa itu adalah McLaren.

"Dan tentu saja, saya pikir kami memiliki mitra komersial terbaik. Jadi, Anda ingin memiliki mobil yang mencolok, di mana Chrome dan Cisco dan OKX, dll [dapat dilihat dan] melompat dari mobil balap.

"Dan saya sangat senang melihat Lando (Norris) dan Oscar (Piastri) di dalamnya. Mereka berdua sudah terisi penuh dan siap untuk pergi."

Berbicara dalam siaran pers McLaren, Norris mengatakan bahwa ia "tidak sabar menantikan musim baru yang akan datang".

 



"Ini akan menjadi yang keenam bagi saya di Formula 1," lanjutnya. "Dan saya berharap dapat membawa momentum yang kami dapatkan sebagai tim pada akhir musim lalu untuk memulai balapan di Bahrain.

"Corak baru ini terlihat bagus dengan memasukkan beberapa bagian dari pengembangan tahun lalu, saya yakin para penggemar akan menyukainya sama seperti saya.

"Semua orang di pabrik telah bekerja sangat keras di luar musim, dan saya tidak sabar untuk berada di belakang kemudi mobil 2024 untuk menantang para pesaing kami di posisi terdepan."

Saat ia bersiap untuk memasuki musim keduanya sebagai pembalap F1, Piastri mengatakan: "Corak mobil 2024 terlihat sangat keren dan saya tidak sabar untuk membalap dengan warna ikonik McLaren untuk musim kedua.

"Saya membuat beberapa kenangan istimewa dengan tim di tahun pertama saya, mengamankan dua podium dan kemenangan sprint.

"Saya akan bekerja keras bersama seluruh tim untuk membawa hasil-hasil tersebut ke awal musim baru dan bersaing dengan baik dengan para pesaing kami untuk memberikan momen yang lebih berkesan bagi para penggemar."

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT