ADVERTISEMENT

Wamen BUMN Puji Kecanggihan Mesin Baru Pengolahan Beras BULOG

Sabtu, 30 Desember 2023 15:44 WIB

Share
Mesin pengolahan beras BULOG. (ist)
Mesin pengolahan beras BULOG. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengunjungi kompleks pergudangan modern Perum BULOG di kawasan Kepala Gading, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Ia memuji fasilitas teknologi pangan Mesin Rice to Rice (RtR) milik BULOG serta mengecek kecukupan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikuasai oleh BULOG.

Wamen BUMN yang akrab dipanggil Pak Tiko ini mengapresiasi upaya perum BULOG mendatangkan teknologi mesin Rice to Rice sehingga memastikan tidak saja ketersediaannya, kualitas dan mutu berasnya menjadi semakin baik serta telah memliki sertifikasi halal. 

Disamping itu,  Tiko juga  memastikan kecukupan stok beras yang dikuasai pemerintah betul-betul terjamin.

“Dilengkapinya gudang-gudang pangan Perum BULOG dengan mesin Rice to Rice ini maka kemampuan pengelolaan kualitas pangan pemerintah juga semakin baik dan upaya menjamin ketersediaan pangan dalam jangka waktu yang panjang juga sudah bisa kita penuhi,” kata Tiko usai melihat fasilitas dan teknologi RtR.

Setelah melihat mesin pengolahan RtR, Tiko juga mengunjungi Gudang BULOG yang sudah menerapkan Warehouse Management System dan dipenuhi stok beras yang melimpah untuk kebutuhan penyaluran Cadangan Beras Pemerintah.

“Kita sudah lihat sendiri saat ini bagaimana Perum BULOG mampu menyediakan kebutuhan pokok khususnya beras yang ditugaskan Pemerintah dalam jumlah yang sangat aman. Stok beras ini juga tersedia merata di semua unit Gudang BULOG di seluruh Indonesia,” kata Tiko.

Sementara itu Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi yang menyambut dan mendampingi kunjungan Wakil Menteri BUMN tersebut mengatakan sejak diberlakukannya upaya modernisasi BULOG, kualitas beras Perum BULOG sudah dapat dijamin. Selain itu juga penyalurannya pada situasi darurat atau untuk mengatasi kebutuhan lonjakan permintaan beras dan pangan lainnya bisa terlaksana dengan cepat.

“Kami sudah mempersiapkan dengan sebaik mungkin positioning Perum BULOG sehingga saat ini BULOG sangat siap menjalankan tugasnya sebagai Operator Utama guna menjalankan penugasan pengelolaan pangan dari Pemerintah” kata Bayu.

Kemudian Bayu juga menambahkan bahwa stok beras yang dikuasai BULOG saat ini ada sebanyak 1,15 juta ton dan ditambah dengan stok beras impor dalam perjalanan sehingga jumlahnya sangat aman untuk kebutuhan penyaluran dan mampu menjaga stabilitas harga di tahun 2024.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT