KPU Siapkan Nobar Saat Debat Perdana Capres-Cawapres

Minggu, 10 Desember 2023 16:37 WIB

Share
Tiga pasang Capres dan cawapres saat di KPU. (ist)
Tiga pasang Capres dan cawapres saat di KPU. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan tiga lokasi untuk nonton bareng (nobar) saat debat perdana calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) 12 Desember mendatang.

"Terkait apakah ada titik nobar di beberapa tempat itu sedang kami bicarakan, memang sudah ada proyeksi di tiga titik," kata August dalam keterangannya, Minggu, (10/12/2023).

August belum membeberkan lokasi pasti nobar. Namun dia menjelaskan bahwa tujuan nobar untuk mencegah konsentrasi massa hanya di area Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

Dia juga mengatakan pada saat debat berlangsung, area Kantor KPU nantinya akan steril. KPU akan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar debat perdana berjalan baik. "Kami akan koordinasikan dengan pihak keamanan, termasuk nanti area parkir untuk tamu-tamu VIP," ujarnya.

Dia mengatakan tempat debat dengan model townhall di halaman KPU dapat menampung hingga 800 orang. Namun, setiap pasangan calon diizinkan membawa 75 orang, sehingga total 225 orang.

Sisanya untuk tamu undangan KPU, termasuk perwakilan dari kementerian, lembaga, duta besar, dan tamu undangan lainnya.

KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.

Sementara itu, debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Halaman
Reporter: Wanto
Editor: Fernando Toga
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar