ADVERTISEMENT

Elektabilitas Prabowo Subianto Menanjak Tinggalkan Ganjar dan Anies Baswedan

Senin, 14 Agustus 2023 21:26 WIB

Share
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (ist)
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Elektabilitas capres Prabowo Subianto berada di angka 38,2 persen, menurut temuan Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Angka tersebut mengungguli rivalnya, Ganjar Pranowo yang masih berada di angka 35,3 persen dan Anies Baswedan di angka 18,4 persen.

“Ini menunjukkan 5 sampai 6 bulan dari masa pencoblosan Prabowo paling unggul,” ujar Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam keterangannya, Senin, (14/8/2023).

Selain secara individu, LSI Denny JA juga turut melakukan simulasi pasangan calon. Ardian merincikan, saat dipasangkan dengan Gibran Rakabuming Raka, Prabowo unggul 38,8 persen, mengalahkan pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno 33,1 persen, Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 16,4 persen.

Lebih lanjut diungkapkan, Prabowo juga unggul bila dipasangkan dengan Erick Thohir (Etho), dengan raihan 38,9 persen. Disusul oleh Ganjar-Sandiaga 34,4 persen, dan Anies-AHY 15,8 persen.

Kemudian, Ardian menjelaskan Prabowo kembali merajai ketika dipasangkan dengan Airlangga Hartarto yakni 37,5 persen. Disusul pasangan Ganjar-Sandiaga 35,9 persen dan Anies-AHY 20,2 persen.

Sekalipun dipasangkan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo masih menang tipis dengan raihan 36,5 persen, mengalahkan Ganjar-Sandiaga 36,2 persen dan Anies-AHY 20,5 persen.

“Siapapun pasangan yang dipasangkan dengan Prabowo akan melampaui pasangan lainnya, baik wakilnya Gibran, Erick, Airlangga maupun Muhaimin, dia tetap melampaui pasangan Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHY,” kata dia.

Survei LSI Denny JA ini digelar pada 3-15 Juli 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Metodologi survei ini menggunakan multi-stage random sampling dengan margin of error +2,9 persen. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka, menggunakan kuesioner.

Tak hanya LSI Denny JA, keunggulan Prabowo tercatat di hasil survei dirilis lembaga Indikator Politik Indonesia pada 26-30 Mei. Prabowo mengungguli Ganjar dan Anies dalam simulasi 10 nama.

Prabowo unggul di posisi puncak dengan 29,1 persen. Kemudian Ganjar Pranowo 26,1 persen, Anies Baswedan 13,2 persen, Ridwan Kamil 7,4 persen dan Erick Thohir 5,1 persen

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT