ADVERTISEMENT

Sempat Hilang, Kini Nama JIS Kembali Ada di Daftar Portofolio Buro Happold

Minggu, 9 Juli 2023 12:36 WIB

Share
Foto: Suasana udara Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, daftar portofolio Buro Happold sempat hilang. (Poskota/Ahmad Tri Hawaari)
Foto: Suasana udara Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, daftar portofolio Buro Happold sempat hilang. (Poskota/Ahmad Tri Hawaari)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Konsultan perancang asal Inggris, Buro Happold dikabarkan telah menghapus nama Stadion Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di Jakarta Utara ini dari daftar portofolionya.

Hal tersebut pun ramai diperbincangkan di media sosial kenapa JIS dihapus dari darftar portofolio yang bersitus (https://www.burohappold.com/projects/jakarta-international-stadium). Padahal Buro Happold merupakan konsultas arsitek dan desain yang digandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam membangun JIS. 

Setelah terjadi ramai diperbincangkan nama stadion yang dibangun pada era Gubernur Anies Baswedan kembali tercantum didalam portofolio Buro Happold. Hal ini terlihat ketika tim redaksi poskota membuka laman resmi (https://www.burohappold.com/projects/jakarta-international-stadium) pada Minggu, 9 Juli 2023 pagi.

Diketahui, JIS menjadi kontroversi setelah pemerintah pusat akan menjadikan stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut sebagai venue Piala Dunia U-17. 

Pemerintah mengganggap perlu direnovasi dari mulai masuk stadion, lahan parkir, hingga akan mengganti rumput stadion yang dibangun pada era Gubernur DKI Anies Baswedan tersebut dengan alasan tidak standar FIFA.

Sebelumnya, informasi mengenai hilangnya nama JIS dalam daftar proyek di situs resmi Buro Happold ramai diperbincangkan di media sosial pun mencoba mengakses situs tersebut dan benar saja, laman yang menampilkan JIS sudah tidak ada.

"The page you require is currently not available, please contact one of our specialists on this page for more information (alaman yang Anda tuju sementara tak tersedia, silakan hubungi salah satu spesialis kami dalam halaman ini untuk informasi lebih lanjut)" bunyi keterangan di situs pada, Sabtu (8/7/2023).

Saat mencoba mencari kata kunci Buro Happold Jakarta International Stadium pada situs pencarian Google, muncul situs Buro Happold yang dimaksud. Namun, saat mencoba melanjutkan dengan mengklik tautan terrsebut, laman itu sudah tidak tersedia seperti tampilan di atas.

Untuk diketahui, Buro Happold, perusahaan konsultan desain dan konstruksi asal Inggris ini memiliki andil dalam merancang desain arsitektur dan bangunan JIS. Adapun, stadion tersebut dibangun sejak Maret 2019.

Dalam situs resminya, Buro Happold menamakan dirinya sebagai konsultan konstruksi dan desainer yang terintegrasi. Perusahaan asal Inggris ini sudah 45 tahun malang melintang di berbagai proyek konstruksi mulai dari infrastruktur, gedung hingga sarana olah raga.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT