ADVERTISEMENT

Mendagri Melepas Royke Lumowa bersepeda Menuju Paris

Sabtu, 8 Juli 2023 20:26 WIB

Share
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat melepas Royke Lumowa bersepeda menuju Paris. (ist)
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat melepas Royke Lumowa bersepeda menuju Paris. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melepas Royke Lumowa yang akan bersepeda dari Monas, Jakarta menuju Menara Eiffel, Paris.

Royke Lumowa yang merupakan Purnawirawan Polri berpangkat Inspektur Jenderal yang rencananya akan berkeliling dunia dan singgah di 47 negara dalam waktu 1 tahun 3 bulan.

Pelepasan dilakukan ketika Mendagri saat menghadiri Kick Off Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) Tahun 2023 di Silang Monas, Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

"Saya menilai PNKJ Tahun 2023 membawa visi baik Indonesia untuk dunia. Pasalnya, selain kampanyekan soal keselamatan dan ketertiban lalu lintas, dalam kegiatan ini juga dilakukan pelepasan perdana Royke Lumowa bersepeda menuju Paris," kata Mendagri.

Mendagri menilai inilah perjalanan bersejarah karena membawa misi Indonesia dan juga membawa pesan kepada dunia tentang Indonesia dan tentang keramahan lingkungan karena bersepeda.

"Kalau naik mobil kita seringlah, tapi keliling dunia naik sepeda sepertinya sangat jarang," kata Mendagri.

Mendagri mengapresiasi tekad Royke, apalagi hal itu dilakukan di usianya yang sudah lebih 60 tahun. Lagi pula, medan yang akan ditempuh nantinya juga tidaklah mudah, seperti jalur terjal di daerah pegunungan hingga area-area rawan lainnya. 

Namun Mendagri optimistis, Royke dengan fisiknya yang prima karena rutin berolahraga sepeda akan sanggup menyelesaikan misi tersebut.

“Mudah-mudahan ini dapat membawa gaung ke dunia, selain untuk mengharumkan Indonesia, kita doakan beliau bisa menyelesaikan misinya sampai dengan ke Paris dan kembali ke Indonesia dengan selamat nantinya,” ujarnya mantap.

Mendagri juga berharap, semangat yang ditunjukkan Royke dapat menginspirasi generasi muda untuk gemar menjaga kesehatan dan lingkungan. “Dan juga rekan-rekan di pemerintahan untuk bisa membuat desain transportasi yang ramah lingkungan juga,” tandasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT