ADVERTISEMENT

Puan Maharani Ajak Masyarakat Tingkatkan Solidaritas dan Keadilan di Momen Idul Adha 1444 H

Rabu, 28 Juni 2023 18:39 WIB

Share
Foto: Ketua DPR RI Puan Maharani. (Ist.)
Foto: Ketua DPR RI Puan Maharani. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat Indonesia memaknai perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah dengan semangat berbagi yang akan mendorong untuk saling berbagi beban. 

Ia juga mengajak masyarakat bersyukur karena momen Idul Adha kali ini dapat dirayakan bertepatan dengan keluarnya Indonesia dari status pandemi Covid-19. 

"Idul Adha adalah momen penuh makna di mana umat muslim di seluruh dunia mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim atas kesetiaannya kepada Allah SWT," kata Puan dalam keterangan resminya, Rabu (28/6/2023). 

Puan pun mengingatkan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini. 

Cucu Bung Karno mengatakan, Idul Adha menjadi pengingat tentang semangat keadilan. "Melalui semangat Idul Adha kita tingkatkan gotong royong, rasa solidaritas dan keadilan serta memperkuat kerukunan antar umat beragama," ujarnya. 

Di momen Idul Adha, Puan juga mengajak masyarakat Indonesia mereflesikan nilai-nilai sosial dan menunjukkan kepedulian terhadap sesama. Salah satu caranya dengan memberikan hewan kurban sebagai perwujudan rasa syukur serta meningkatkan iman dan takwa, terutama untuk masyarakat yang memiliki rezeki berlebih.

"Keikhlasan dalam berkurban merupakan wujud rasa syukur dalam meningkatkan takwa kita kepada Sang Pencipta," tutur Puan. 

Ditambahkannya, lewat berkurban umat Muslim akan berkumpul untuk saling berbagi dan membantu masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, kata Puan, menyumbangkan kurban dapat dimaknai sebagai upaya untuk berbagi rezeki untuk mereka yang kurang beruntung. 

"Masyarakat dapat melanjutkan tradisi ini dengan penuh semangat dan kepedulian, namun tetap menjaga protokol kesehatan seperti yang dianjurkan," ungkap Cucu Bung Karno ini.

Di sisi lain, Puan meminta masyarakat Indonesia untuk memperkuat semangat kebersamaan. Ia menekankan bahwa adil untuk kebersamaan adalah ciri bagi kemajuan bangsa karena tanpa keadilan, kesejahteraan masyarakat sulit tercapai.

"Pada Idul Adha ini, mari kita memperkuat semangat keadilan di negara ini. Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk melawan segala bentuk ketidakadilan. Mari kita bahu-membahu membangun Indonesia yang adil bagi semua rakyatnya," tegas Puan.

Mantan Menko PMK itu pun berharap agar Idul Adha dijadikan sebagai momentum penting bagi semua pihak untuk merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan. Kemudian juga, menurut Puan, untuk memperkuat solidaritas antar-sesama dalam kehidupan sehari-hari. "Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah yang penuh berkah dan kebahagiaan," ucapnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT